Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Bupati HST Apresiasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting, Bumi Murakata…

Bupati HST Apresiasi Kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting, Bumi Murakata Raih Peringkat ke-2 Stunting Terendah se-Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 menunjukan, angka stunting di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengalami penurunan yang sangat signifikan dari 31,01 persen di 2022 berhasil turun menjadi 13 persen. Sehingga menempatkan Bumi Murakata menduduki peringkat ke- 2 stunting terendah se-Kalsel.

Target nasional 2024 untuk angka stunting adalah 14 persen. Ini artinya HST, sudah mencapai target. Namun demikian, Pemkab HST tidak akan mengurangi intervensi, justru lebih intensif lagi untuk terus mengurangi angka stunting ini, hingga nol persen.

Dalam kesempatan itu, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab HST dan masyarakat yang ikut berkontribusi terhadap penurunan angka stunting (kasus kekerdilan) di kabupaten ini, Jumat (26/4/2024).

BACA JUGA :  Tak Tanggung-Tanggung Pemkab HST Kover Ustaz - Ustazah, Ribuan Anak Siap Ditarget Jadi Tahfiz Al Quran

“Saya mengapresiasi dan bersyukur karena HST angka stuntingnya mengalami penurunan yang sangat signifikan bahkan kita nomor dua terendah se-Kalsel,” ucapnya kepada awak media.

Ia mengatakan, berkat kerjasama seluruh lini yang dikomandoi Dinas kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial PPKB PPPA serta Tim Percepatan Penurunan Stunting, pihaknya dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten HST menjadi 13 persen tahun 2023. Dari target 14 persen secara nasional, capaian yang diraih Pemkab HST berhasil melampaui target.

“Ini tantangan untuk kita semua, selaku pemerintah daerah saya akan selalu memfasilitasi semua yang dibutuhkan untuk menurunkan angka Stunting di Bumi Murakata. Saya yakin kita bisa menjadi yang terbaik bukan hanya di Kalsel akan tetapi juga di tingkat Nasional nantinya, “kata Bupati.

BACA JUGA :  Bupati HST Hadiri Gelaran Hari Tari Sedunia 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan HST, dr Desfi Delfiana Fahmi, mengatakan, melalui rilis hasil Survey Kesehatan Nasional (SKI) Tahun 2023 bahwa angka stunting di HST menurun sangat signifikan.

“Alhamdulillah, HST mengalami penurunan stunting yang sangat signifikan di 2023, angka prevalensi stunting sudah di 13 persen,”ungkapnya.

Desfi menegaskan pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi dari semua pihak sebagai wujud komitmen yang kuat dari Bupati HST, “untuk menjadikan SDM HST yang unggul, anak-anak bumi murakata yang sehat dan cerdas untuk mencapai visi Indonesia emas tahun 2025,” tukasnya.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga