Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Ketua TP PKK Banjar Berikan Sosialisasi Pola Asuh Anak dan…

Ketua TP PKK Banjar Berikan Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja Tingkat Lembaga/Organisasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 Headline9.com, MARTAPURA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas, memberikan sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Pada Tumbuh Kembang Anak Bagi Lembaga/Organisasi dan Gugus Tugas Dalam Program Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2024, di Aula Barakat Martapura, Kabupaten Banjar, pada Senin (8/5/2024).

Dirinya mengimbau agar orang tua dapat menghindari gaya komunikasi negatif atau non-produktif seperti memerintah, membandingkan, meremehkan serta mengancam. Justru sebaliknya, harus mendorong penerapan berbagai nilai positif seperti halnya memberikan belas kasih, berbagi, kepatuhan, kedisiplinan, kerja keras dan nilai-nilai agama.

BACA JUGA :  Honorarium Maret PPS Kelurahan Gambut Belum Dibayar KPU Banjar

“Saya meyakini bahwa pola asuh yang efektif harus memperhatikan usia perkembangan anak serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” ujarnya dalam sosialisasinya.

Pola asuh antara anak dan remaja, lanjut Gita, tidak dapat disamakan, karena memiliki karakteristik perkembangan yang berbeda. Harus dipahami bahwa gerakan PKK merupakan gerakan berbasis keluarga yang berupaya mencapai kesejahteraan keluarga.  Dalam hal ini, keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang memiliki permasalahan kesejahteraan, erat kaitannya dengan pola asuh yang diberikan kepada anak dan remaja.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemenuhan Hak Pendidikan dan Pengasuhan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3A KB) Kalsel, Rahmawati, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta yang mayoritas pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Banjar, keterkaitannya adalah peran keluarga atau lembaga/organisasi khususnya dalam pembinaan pola asuh anak dan remaja.

BACA JUGA :  Irwan Kumar Menepis Tudingan Atas Penumpukan logistik

“Memberikan motivasi untuk mampu menjadi inspirasi di wilayahnya masing masing terkait dengan pengasuhan anak serta memberikan perlindungan hak-hak anak sesuai peraturan yang berlaku,” singkatnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

Baca Juga