Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Dinas PMD Kalsel Dilibatkan Dalam Penilai Satu Wasaka Award Tahun…

Dinas PMD Kalsel Dilibatkan Dalam Penilai Satu Wasaka Award Tahun 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel dilibatkan dalam penilaian Satu Wasaka Award Tahun 2024. Bentuk persiapannya terlebih dahulu dilakukan rapat koordinasi (rakor), di Aula Kantor Dinas PUPR Kalsel, di Banjarbaru, Kamis (2/5/2024) siang.

Rapat kali ini membahas untuk kesiapan keberangkatan para juri Tim Satu Wasaka Award untuk menilai Kabupaten/Kota se Kalsel terkait akses sanitasi, air limbah dan air minum.

Kepala Dinas PMD Kalsel, Faried Fakhmansyah, melalui Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan, Andie Putra Pratama, mengatakan, berdasarkan rapat bersama bahwa yang perlu ditekankan untuk para tim juri agar dapat lebih intensif melakukan penilaian ke lapangan diutamakan kepada lokus-lokus yang ada kabupaten/kota.

“Terutama dari Dinas PMD akan lebih mencermati terhadap keberlanjutan pelaku desa terutama para perangkat desa untuk dapat melakukan penanganan sampah ditingkat desa terutama pada lokus-lokus TPS 3R,” katanya kepada awak media.

BACA JUGA :  Sekda Tanbu dan Pimpinan SKPD Dengarkan Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Raperda RPJMD Tahun 2021-2026

Salah satu Juri perwakilan Dinas PMD Kalsel tersebut, juga mengungkapkan, tim dari provinsi juga harus melihat bagaimana keseriusan dari pada tim kabupaten dalam hal menyampaikan detail data-data dari sanitasi dan air bersih yang ada didaerahnya.

“Termasuk juga bagaimana keseriusan mereka melakukan keberlanjutan terhadap pelaku-pelaku sanitas dan air bersih didesa,” bebernya.

Adapun jadwal pelaksanaan turun kelapangan tim Juri Satu Wasaka Award yaitu dari tanggal 6 Mei Kabupaten Balangan, 7 Mei Kabupaten Tabalong, 8 Mei Kabupaten Hulu Sungai Utara, 13 Mei Kabupaten Tapin, 14 Mei Kabupaten Hulu Sungai Selatan, 15 Mei Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 17 Mei Kota Banjarmasin, 20 Mei Kabupaten Tanah Laut, 21 Mei Kabupaten Tanah Bumbu, 22 Mei Kabupaten Kotabaru, 27 Mei Kota Banjarbaru, 28 Mei Kabupaten Batola dan 29 Mei Kabupaten Banjar. 

BACA JUGA :  Wabup M.Rusli Buka Muscablub Kawatir Cabang Paramuka Tanah Bumbu.

Usai rakor bersama tim juri Satu Wasaka Award Tahun 2024, poin penting dalam penilaian ini yaitu terkait penanganan air bersih, air limbah, penanganan sampah, teknis anggaran serta komitmen pimpinan masing-masing kepala daerah.

“Nanti poin penilaian yang akan kita lakukan agar Kabupaten/Kota lebih fokus dalam menangani hal tersebut,” singkat Kepala Seksi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dinas PUPR Kalsel, Angga Rinaldi Rizal. (Adv)

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

Baca Juga