Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Maksimalkan Pengelolaan Sampah, Bupati HST Serahkan Bulldozer D3 ke DLHP…

Maksimalkan Pengelolaan Sampah, Bupati HST Serahkan Bulldozer D3 ke DLHP HST

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pengadaan unit Bulldozer D3 senilai Rp4,2 miliar untuk pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP).

Pengadaan Alat Berat tersebut dilakukan karena Pengelolaan sampah di TPA Telang pada saat ini dinilai masih belum optimal karena keterbatasan peralatan yang ada, sehingga dengan adanya pengadaan alat berat ini diharapkan pengelolaan sampah akan lebih optimal.

Unit Bulldozer D3 diserahkan secara simbolis oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi kepada Kepala DLHP setempat, Mursyidi. Berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di desa Telang Kecamatan Batang Alai Utara (BATARA), Senin (3/6/2024).

Aulia mengatakan Alat berat Bulldozer D3 dari Caterpilar ini akan maksimalkan dalam rangka pengelolaan sampah di TPA Telang Barabai.

Yang jelas, ia berharap, alat ini mampu mengatasi permasalahan sampah yang selama ini menjadi tantangan besar dalam mengurangi dampak negatif dari timbunan sampah, seperti bau tak sedap, penyebaran penyakit, dan pencemaran lingkungan.

“Saya ucapkan terimkan kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengadaan Bulldozer ini, dari segi perencanaan, penganggaran, hingga realisasinya,” kata orang nomor satu di HST tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR HST, Syahidin, mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah hari ini telah dilsanakan serah terima Bulldozer tipe D3 untuk pengelolaan sampah yang sudah lama di idam-idamkan DLHP untuk pengelolaan sampah.

“Alhamdulillah hari ini, di tahun 2024 sudah kita bisa realisasikan untuk pengelolaan sampah, ini sangat berguna untuk mengelola sampah di tempat ini,”katanya

Syahidin menyebut, kalau selama ini karena ketiadaan alat berat maka dimanfaatkan seadanya. Setelah direalisasikan alat ini, keberadaannya bisa lebih baik lagi sehingga pencemaran udara terutama pencemaran lingkungan bisa teratasi.

“Dengan harapan masyarakat di sekitarnya tidak terganggu dengan keberadaan TPA di desa telang ini, dan Alat Berat tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal, dan bisa di gunakan selama kegiatan TPA,”tutupnya.

Turut hadir dalam acara Kepala Dinas PUPR Kab HST, Kepala DLHP Kab HST dan Service manager mewakili Branch manager Trakindo Balangan.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga