Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pasar Hewan Karang Intan Terpadu Diresmikan

Pasar Hewan Karang Intan Terpadu Diresmikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur, didampingi Wakil Bupati, Habib Idrus Al Habsyi, meresmikan Pasar Hewan Karang Intan dan Kontes Ternak Kabupaten Banjar 2024 di Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, pada Kamis siang (30/05/2024).

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan untaian melati dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Banjar, yang disaksikan oleh Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, kepala SKPD, peserta kontes, dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, H. Saidi Mansyur mengungkapkan rasa syukurnya atas terwujudnya keinginan masyarakat untuk memiliki pasar hewan di Kabupaten Banjar. Ia berharap pasar hewan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama di sektor peternakan.

“Melihat populasi ternak seperti sapi dan kambing yang cukup banyak, Kabupaten Banjar menjadi satu-satunya kabupaten yang memiliki pasar hewan di daerah ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kafilah Banjar Siap Tanding Di MTQ

Saidi Mansyur berharap pasar hewan ini dapat dikelola dengan baik oleh jajaran pertanian, khususnya tim pengelola pasar. Ia juga mengapresiasi antusiasme para peserta kontes ternak yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Marabahan, Tabalong, dan lainnya.

“Antusiasme peserta sangat luar biasa, ini memberikan semangat bagi kami. Pasar hewan ini diharapkan memberikan dampak positif tidak hanya bagi masyarakat kita, tetapi juga masyarakat Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Warsita, menyebutkan jumlah peserta kontes kategori sapi mencapai 14 ekor, sementara kambing sebanyak 22 ekor, dan beberapa komunitas kelinci juga turut memeriahkan kontes tersebut.

“Kriteria lomba untuk sapi bali jantan dan kambing jantan adalah berat badan atau bobot yang paling besar dan sehat. Penilaian meliputi bobot, umur, dan kesehatan hewan,” jelasnya.

Pasar Hewan Karang Intan merupakan pasar hewan terpadu yang tidak hanya menyediakan fasilitas jual beli hewan, tetapi juga dilengkapi dengan Puskeswan Padang Panjang. Pasar ini mampu menampung sekitar 100 ekor sapi dan berdiri di atas lahan seluas 6.000 M².

BACA JUGA :  Siap Jalankan 920 Program Bangga Kencana, Pemkab Banjar Miliki Kampung Keluarga Berkualitas Terbanyak Nasional

Para pemenang Kontes Sapi Bali Ekstrem antara lain: Juara I diraih oleh Sailun dari Barito Kuala, Terbaik II Taufiqurrahman dari Martapura, Terbaik III Maulidin Anshar dari Banjarmasin, dan Juara Favorit Taufiqurrahman dari Martapura. Sementara itu, pemenang Kontes Kambing Ekstrem antara lain: Juara I diraih oleh Raja Terkam Farm dari Banjarbaru, Terbaik II Zainal dari Cindai Alus, Terbaik III Agus dari Banjarbaru, dan Juara Favorit diraih oleh Raja Terkam Farm. Juara Favorit Kontes Kelinci diraih oleh Daini dari Martapura.

Masing-masing pemenang mendapatkan piala dan piagam dari Bupati Banjar dengan total hadiah sebesar Rp7.500.000.

Baca Juga