Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Pemkab HST Didaulat Satu-satunya di Kalsel yang Dapat Apresiasi Badan…

Pemkab HST Didaulat Satu-satunya di Kalsel yang Dapat Apresiasi Badan Pangan Nasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit


Headline9.com, BARABAI– Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mendapatkan apresiasi dari Badan Pangan Nasional (BPN). Daerah ini didaulat menjadi satu-satunya di Kalsel karena berkomitmen meningkatkan kualitas keanekaragaman konsumsi pangan melalui capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH) kabupaten/kota Tahun 2023 dari Badan Pangan Nasional.

Apresiasi tersebut berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor 53 Tahun 2024 tentang penerima apresiasi capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH) Terbaik Tahun 2023 kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Apresiasi diberikan kepada 4 (empat) Provinsi dan 51 (lima puluh satu) tingkat kabupaten/kota dengan capaian skor PPH di atas Nasional, yaitu 94,1.

Nah, HST sendiri merupakan Kabupaten satu-satunya di Provinsi Kalsel yang mendapatkan Skor Pola Pangan Harapan (PPH) pada tahun 2023 dengan meraih capaian angka hingga 94,14.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten HST, Muhammad Afni Hidayat, Rabu (29/5/2024) siang.

Ia menyebut, skor PPH Tahun 2023 yang dicapai oleh Pemkab HST tak lepas dari pembinaan langsung Bupati HST, H Aulia Oktafiandi. Dengan kolaborasi bersama semua stakeholder terkait. Terlebih dukungan penuh dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi.

Afni mengatakan, langkah dan upaya yang dilakukan DKPP sebagai perangkat daerah pengampu urusan wajib ketahanan pangan adalah dengan memastikan masyarakat memiliki akses pangan yang cukup, merata, dan terjangkau melalui berbagai upaya.

“Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah tentunya agar setiap Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mampu memperoleh pangan yang cukup, beragam, bergizi seimbang, dan aman sehingga dapat hidup sehat, aktif, dan produktif,” papar dia.

Menanggapi itu, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, mengatakan pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Baik dalam pengembangan penganekaragaman konsumsi dalam merealisasikam keamanan pangan selama tahun 2023.

“Alhamdulillah Kabupaten HST menjadi salah satu dari 51 daerah dari kabupaten/kota seluruh Indonesia yang mendapat apresiasi dari Badan Pangan Nasional atas capaian Pola Pangan Harapan Tahun 2023.” ungkap Bupati.

Ia sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang telah diraih. Selama ini, Pemkab HST turut serta berkomitmen untuk terus meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat melalui pengembangan PPH.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, dan akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten HST,” tutupnya.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga