Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Peringatan Haul KH Ahmad Tarmidzi Fuadi: Wabup Banjar Hadir Bersama…

Peringatan Haul KH Ahmad Tarmidzi Fuadi: Wabup Banjar Hadir Bersama Masyarakat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KARANG INTAN – Dalam suasana yang penuh kebersamaan, Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al Habsyi, bergabung dengan para pemuka agama dan masyarakat, serta ratusan jemaat, dalam memperingati haul ke-3 KH Ahmad Tarmidzi Fuadi. Acara ini diadakan di rumah keluarga almarhum di Desa Awang Bangkal Timur, Kecamatan Karang Intan, pada malam Rabu, 12 Juni 2024.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh jemaat pria, tetapi juga wanita dan anak-anak, yang memenuhi lokasi hingga ke Masjid Hidayah yang terletak bersebelahan dengan rumah dan makam almarhum.

Peringatan haul ini dimeriahkan dengan pembacaan maulid habsyi dan Manaqib Syekh Samman Al Madani, yang dipimpin oleh Imam Musala Ar Raudhah Sekumpul, KH Sa’duddin.

BACA JUGA :  Lumayan, Jalan Karang Intan - Sungai Alang Lebih Singkat

Dalam manaqibnya, diceritakan bahwa Syekh Samman Al Madani, yang lahir di Madinah pada tahun 1130 H/1718 M, adalah seorang ulama yang memiliki banyak karomah dan merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW melalui Imam Hasan bin Ali bin Abu Thalib.

Syekh Samman Al Madani dikenal sebagai penjaga kunci makam Rasulullah dan pengajar di Madrasah Sanjariyah, yang menarik banyak murid dari berbagai daerah. Beberapa muridnya yang kemudian menjadi ulama terkemuka di Indonesia termasuk Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary, yang terkenal dengan kitab fiqih Sabilal Muhtadin, Syekh Abdul Wahab Bugis, Syekh Abdurrahman Al Misry, dan Syekh Abdus Shomad Al Falimbani, yang dikenal dengan kitab tasawuf Hidayatus Salikin.

BACA JUGA :  Bupati : Gairahkan Kembali Petani Milenial

Syekh Samman Al Madani meninggal pada 2 Zulhijjah 1189 H/23 Januari 1776 M pada usia 57 tahun dan dimakamkan di pekuburan Baqi, dekat makam para sahabat dan istri-istri Rasulullah SAW. KH Sa’duddin mengajak jemaat untuk sering membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Acara diakhiri dengan zikir nasyid dan doa yang dipimpin oleh Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al Habsyi.

Baca Juga