Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Siap Melaju ke Level Nasional, Desa Ilung Raih Juara I…

Siap Melaju ke Level Nasional, Desa Ilung Raih Juara I Lomba SDGs Desa 2024 Regional Kalimantan,

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Desa Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara (BATARA), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), berhasil meraih Juara pertama dalam perhelatan Lomba SDGs (Sustainable Development Goals). SDGs juga ini juga dikenal dengan sebutan Pembangunan Berkelanjutan regional Kalimantan yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Hal tersebut sesuai dengan Pengumuman dari Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa PDTT RI nomor 254/PRI.05.VI/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Empat Lomba SDGs Desa Tahun 2024

Ada dua desa di Kabupaten HST yang mewakili Kalimantan Selatan dalam penyelenggaraan lomba SDGs Regional Kalimantan. Di antaranya desa Ilung dan desa Pandawan. Mereka mengikuti seleksi Tahap 4 memperebutkan juara 1 regional Kalimantan.

Pada tahap empat, Desa Ilung Kecamatan BATARA menyabet juara pertama dan sedangkan Desa Pandawan, Kecamatan Pandawan menjadi juara 3 regional Kalimanatan lomba SDGs Desa Tahun 2024.

Dengan demikian, Desa Ilung berhak mengikuti seleksi tahap 5 (verifikasi lapangan) untuk memperebutkan juara nasional lomba SDGs Desa Tahun 2024.

BACA JUGA :  Bupati HST Buka Pasar Ramadan dan Pasar Murah di Lokasi Tak Biasa

Camat Batang Alai Utara, H Budi Haryanto mengatakan sesuai Petunjuk Pelaksanaan (panlak) Lomba SDGs Desa 2024 memfokuskan goals 1, 2, 3, 4, 8 dan 13 sebagai bagian dari kriteria penyeleksian dalam menentukan desa yang dinilai mempunyai keberhasilan dalam mengimplementasikan SDGs Desa dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sehingga tema yang diusung adalah “Pemanfaatan Dana Desa dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Implementasi SDGs Desa.”

“Alhamdulillah Desa Ilung mendapat Juara 1 SDGs Desa Regional Kalimantan, dan melaju ke tingkat Nasional,” jelas Budi, pada Sabtu (15/6/2024).

Budi mengucapkan terima kasih atas pendampingan, dukungan, inspirasi, fasilitasi, pembinaan kepada seluruh pihak yang mensuport hingga Desa Ilung meraih Juara 1 Regional Kalimantan, serta terima kasih atas arahan dan petunjuk dari Bapak Bupati HST dalam pencapaian SDGs desa.

Dirinya berharap pendampingan, dukungan, inspirasi, fasilitasi, pembinaan dan support (dukungan) dari semua pihak kepada Desa Ilung dalam menghadapi seleksi tahap kelima kemungkinan di tanggal 20 Juni 2024 melalui verifikasi lapangan untuk merebutkan Juara Nasional lomba SDGs Desa Tahun 2024.

BACA JUGA :  Atlet Fighting Junaidi Abdillah, Harumkan nama HST Ditingkat Nasional

Bupati Hulu Sungai Tengah, H Aulia Oktafiandi mengucapkan rasa syukur dengan prestasi dua desa di wilayahnya, Alhamdulillah salah satu desa kita yakni desa Ilung Kec BATARA menjadi juara 1 Regional Kalimantan dan akan melaju ketingkat Nasional.

Dukungan dan support semua pihak kepada Desa Ilung dalam penghadapi seleksi tahap ke 5 verifikasi lapangan. Ia juga mengapresiasi keberhasilan Desa Pandawan dalam melakukan pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai SDGs. Meskipun memperoleh juara ketiga untuk regional Kalimantan.

“Terima kasih atas keberhasilan ini. Semoga, Desa Ilung Kecamatan BATARA bisa meraih juara satu di tingkat nasional,” tuturnya.

Yang jelas, orang nomor satu di HST itu mengharapkan, keberhasilan yang diraih oleh Desa Ilung dapat menjadi motivasi bagi desa lain di Kabupaten HST. “Untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat,” tutup Aulia.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga