Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Disperindag Banjar Bina IKM Arguci

Disperindag Banjar Bina IKM Arguci

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kabupaten Banjar memiliki banyak komoditi unggulan salah satunya adalah kerajinan Arguci. kerajinan Arguci biasa digunakan untuk busana pengantin, pelaminan, hiasan dinding, tas, dompet, kotak tisu, aksesoris gantungan kunci dan lain-lain.

Inilah salah satu yang menjadi alasan bagi dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar untuk selalu memfasilitasi bagi industri kecil dan menengah terutama IKM Arguci. Mereka menyelenggarakan kegiatan Pelatihan industri berbasis sandang Arguci yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 19 Mei 2019 di Aula Dekranas Martapura.

BACA JUGA :  PUPR Banjar Perbaiki Titik Jalan Rusak. Khususnya Jalur Haul Guru Sekumpul

Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah Khalilurrahman menyampaikan, pelatihan semakin meningkatkan keahlian serta kreativitas IKM Arguci. Kerajinan tersebut harus bisa bersaing dengan produk lain.”Warga kita memang kaya dengan jiwa usaha sejak belia tapi berbasis kerajinan. Telah terbukti menambah penghasilan keluarga,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pansus LKPJ Bupati Heran, Datanya Kok Sama dengan Tahun 2017

Kabid ILMEASA Disperindag Banjar Linda Yunianti menerangkan, tujuan dari pelatihan ini menjalankan fungsi pembinaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar. terutama kepada Industri Kecil dan Menengah seperti pembuat Arguci.

IKM harus tetap dibina setiap tahun. salah satunya memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah. Pasalnya, meningkatkan kemampuan SDM pengusaha Arguci syarat mutlak memenangkan persaingan ke depan.

Baca Juga