Idul Adha, Stok Sapi Aman di Kabupaten Banjar

0 Shares

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Mendekati Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban 1440 H, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Banjar pastikan ketersediaan hewan korban dapat terpenuhi.

Dikatakan Kepala Disbunak Dondit Bekti, di Kabupaten Banjar terdapat 56 titik pengepul sapi, dan pihaknya telah mendata Sembilan tempat pengepul ada sebanyak 1.300 sapi yang disiapkan untuk kurban.

“Diestimasikan, 2019 ini sekitar 1.000 ekor sapi untuk keperluan kurban atau naik sekitar 3 persen dari tahun lalu sebanyak 892 ekor,” ujar Dondit belum lama tadi.

Dari 1.300 ekor sapi lanjut Dondit, yang disiapkan untuk keperluan kurban, terdata sekitar 3 persen sapi terindikasi penyakit cacing dari hasil pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan fisik luar hewan dari tim kesehatan hewan.

“Hampir 70 persen pemeriksaan hewan korban di pengepul sapi sudah dilakukan, dan penyakit cacing pada sapi pun sudah kita obati, yang jelas penyakit cacing ini tidak membahayakan bagi manusia,” ujarnya.

Dondit mengimbau, bagi masyarakat yang ingin melakukan kurban lebih selektif memilih hewan kurbannya seperti, memperhatikan kondisinya bulunya mulus, tidak berdiri, dan mata tidak berair hingga kotorannya pun normak atau tidak keras maupun encer.

“Kita juga sudah memberikan penyuluhan atau tips-tips bagaimana cara memenuhi kebutuhan sapi yang sehat disetiap pengepul,” kata Dondit.

Penulis : Sairi

0 Shares
BACA JUGA :  Hadiri Acara Partai, RDP Komisi III Batal Digelar.

Terbaru

BACA JUGA :  Sampah Sungai Martapura Mulai Dibersihkan.

Plt Gubernur Kalsel Serahkan Dipa Seluruh Kabupaten/Kota

HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Plt Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudy Resnawan menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana...

Wakapolda Kalsel Cek Gudang Logistik KPU Banjarbaru Dan Kunjungi Polres Banjarbaru

HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. mengecek gudang logistik milik...

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pjs Walikota Banjarbaru Pimpin Rakor

Headline9.com, BANJARBARU - Pjs Wali Kota Banjarbaru Dr Bernhard E Rondonuwu, memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Penyebaran Covid-19 dan Kesiapan Pilkada di Kota Banjarbaru,...

DPD RI Monitor Persiapan Pilkada

HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Dalam rangka pengawasan dan pelaksanaan Pilkada 2020, pimpinan dan anggota DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Kalsel diruang rapat Aberani...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: