Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Idul Adha, Stok Sapi Aman di Kabupaten Banjar

Idul Adha, Stok Sapi Aman di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Mendekati Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Hari Raya Kurban 1440 H, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Banjar pastikan ketersediaan hewan korban dapat terpenuhi.

Dikatakan Kepala Disbunak Dondit Bekti, di Kabupaten Banjar terdapat 56 titik pengepul sapi, dan pihaknya telah mendata Sembilan tempat pengepul ada sebanyak 1.300 sapi yang disiapkan untuk kurban.

“Diestimasikan, 2019 ini sekitar 1.000 ekor sapi untuk keperluan kurban atau naik sekitar 3 persen dari tahun lalu sebanyak 892 ekor,” ujar Dondit belum lama tadi.

BACA JUGA :  Pantau Keamanan Pangan, Pangan Segar Diuji

Dari 1.300 ekor sapi lanjut Dondit, yang disiapkan untuk keperluan kurban, terdata sekitar 3 persen sapi terindikasi penyakit cacing dari hasil pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan fisik luar hewan dari tim kesehatan hewan.

“Hampir 70 persen pemeriksaan hewan korban di pengepul sapi sudah dilakukan, dan penyakit cacing pada sapi pun sudah kita obati, yang jelas penyakit cacing ini tidak membahayakan bagi manusia,” ujarnya.

BACA JUGA :  LPTQ Banjar Gelar Rakerda

Dondit mengimbau, bagi masyarakat yang ingin melakukan kurban lebih selektif memilih hewan kurbannya seperti, memperhatikan kondisinya bulunya mulus, tidak berdiri, dan mata tidak berair hingga kotorannya pun normak atau tidak keras maupun encer.

“Kita juga sudah memberikan penyuluhan atau tips-tips bagaimana cara memenuhi kebutuhan sapi yang sehat disetiap pengepul,” kata Dondit.

Penulis : Sairi

Baca Juga