Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Ribuan Masyarakat Kunjungi Pasar Terapung Lok Baintan.

Ribuan Masyarakat Kunjungi Pasar Terapung Lok Baintan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 yang menjadi even tahunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berjalan dengan sangat meriah dan diminati banyak masyarakat luas.

Terbukti, ribuan masyarakat yang datang dari berbagai daerah, rela keluar rumah dipagi buta hanya untuk menyaksikan Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019, Minggu (17/11/2019).

“ Saya berangkat dari rumah jam 4 dini hari, tiap tahun saya selalu kesini menyaksikan Festival Pesona Pasar Terapung,” ujar salah satu pengunjung, Mirna.

Warga Martapura itu menuturkan, Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 sangat menghibur, meski diakuinya beberapa sektor masih harus dievaluasi kedepannya.

BACA JUGA :  Jembatan Salim Mataraman Dapat Dilintasi

“ Akan lebih bagus lagi jika pengunjung diperbolehkan ke dermaga, ini kami masih dibatasi, tidak bisa langsung ke dermaga,” ucapnya.

Sementara Haris Rifani, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Banjar, tercatat sebanyak 558 pedagang dari delapan desa di Kecamatan Sungai Tabuk ikuti sejumlah perlombaan pada even tahunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Disbudpar di Dermaga Lok Baintan Bawah Jembatan Desa Sungai Pinang Lama, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

“Mengusung tema Menggenggam Semangat Tradisi, even tahunan ini merupakan salah satu cara Pemkab Banjar dalam berupaya melestarikan Pasar Terapung Lok Baintan yang masih terjaga keaslianya, sekaligus sebagai ajang promosi wisata yang dalam mendukung visi Kalimantan Selatan 2020 mendatang,” ujar Haris saat menyampaikan sambutan.

BACA JUGA :  24 Ribu Siswa di Kalsel Dapat Bantuan Kouta Internet

Dengan begitu, papar Haris lebih jauh, target terpromosinya destinasi wisata dan daya tarik pengunjung di wilayah Pemkab Banjar baik, wisatawan nusantara maupun mencanegara dapat terus ditingkatkan.

“Opini Kabupaten Banjar yang aman, nyaman, dan potensial untuk berinplementasi dan berwisata sebagai sarana hiburan bagi masyarakat pun dapat terhujud,” harapnya.

Dikatakan Haris, kegiatan festival sebagai even budaya yang dirangkai dengan berbagai perlombaan seperti, Tanglong Jukung, Jukung Hias Tradisional, Penampilan Formasi Jukung, Lomba Fotografi, dan Penampilan Seni Budaya Khas Kabupaten Banjar yang secara resmi dibuka Bupati Banjar H Khalilurrahman, bertabur hadiah puluhan juta rupiah.

Penulis M Sairi

Baca Juga