Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Penjajakan Koalisi Nasdem dan Demokrat di Pilkada Banjar

Penjajakan Koalisi Nasdem dan Demokrat di Pilkada Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Partai Nasdem mencalonkan kader sendiri di Pilkada Banjar. Kandidat bakal Bupati Banjar adalah H Saidi Mansyur yang hari ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Banjar periode 2016-2021.

Saidi diusung Partai Nasdem yang pada pemilu legislatif 2019 sukses besar menambah kursi menjadi 7 di DRPD Banjar.

IMG 20200103 152302 1
Lalu, kemana arah koalisi menambah syarat minimal 9 kursi mengusung satu paket calon dalam pilkada Banjar? Saidi kembali melakukan lawatan ke DPD Demokrat Kalsel di Banjarmasin, Jumat (3/1) petang setelah Salat Jumat.

Langkah politik ini bertujuan mengajak kerja sama  Demokrat berkoalisi pada pilkada Banjar tahun 2020 ini.

Gerakan politik Saidi Mansyur kali ini sangat mengejutkan. Pasalnya partai Demokrasi Banjar belum ada kabar penjaringan di Kabupaten.IMG 20200103 152524

Ia bersama tim bertolak ke DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin. Koalisi dengan Demokrat sangat penting mengingat Partai besutan SBY tersebut mempunyai 4 kursi di DRPD Banjar.

Kelebihannya, semua yang menjadi anggota dewan adalah politisi yang sebelumnya juga duduk menjadi anggota legislatif 5 tahun yang lalu.

BACA JUGA :  Jelang Sahur Polres Banjarbaru Blokade Area Balap Liar

H Saidi Mansyur yang terkenal dengan sapaan HSM datang ke DPD Demokrat Kalsel bersama Sekretaris Nasdem Provinsi Kalsel sekaligus Ketua Tim Pemenangan H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha dan Anggota DPRD Banjar dari Fraksi Nasdem Banjar Syarwan.

Rombongan ini diterima oleh Sekretaris Tim Penjaringan DPD Partai Demokrat Apriani, Wakil Sekretaris Penjaringan Masitah dan Wakil Ketua Penjaringan sekaligus Korwil Pemenangan Kabupaten Banjar Gusti Abidinsyah.

Saidi mengakui, konstelasi politik di Kabupaten Banjar saat ini masih sangat dinamis. Kehadirannya ke DPD Demokrat Kalsel bertujuan membuka pintu komunikasi politik, salah satunya mendaftar melalui Demokrat.

Ia berharap, Demokrat bersama Nasdem berjuang bersama pada pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Banjar pada 2020 ini.

“Saya dengan Demokrat dan seluruh kader di Banjar seperti 4 anggota DPRD Banjar adalah kawan lama yang rata-rata berusia muda. Lama kami bergaul dengan mereka dan sangat mengetahui satu sama lain. Jadi, kesempatan berjuang bersama sangat terbuka,” ujar Saidi.

BACA JUGA :  AMAN Kalsel Desak Kepala Daerah Terbitkan Perda Masyarakat Hutan Adat

Apalagi, kader Demokrat di Banjar memiliki akar yang kuat di Kabupaten Banjar. Terkenal berperan dalam setiap kebijakan yang pro rakyat.

Ia berdoa, Demokrat bisa menjadi mitra koalisi pada Pilkada untuk membangun Kabupaten Banjar yang lebih baik lagi.

”Komunikasi politik dengan Kader Demokrat di Banjar memang telah berlangsung lama, tapi sekali politik ini kan sangat dinamis,” ujarnya.

Sementara itu, Masitah menjelaskan, ada miskomunikasi tentang jadwal penjaringan Demokrat Banjar sehingga sampai hari belum banyak diketahui.

Demokrat ujarnya tetap membuka penjaringan tapi kurang terekspos sehingga sepengetahuan masyarakat tidak membuka. Selain itu, Demokrat pasti merasa tersanjung dengan keikutsertaan Saidi Mansyur dalam penjaringan di partainya.

Tapi harus diingat, tiap partai memiliki mekanisme masing-masing dan semua calon harus melalui tahapan survei untuk menentukan siapa yang akan diusung oleh Demokrat.

Baca Juga