Home ยป PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang

PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – PPKM level 4 di Banjarbaru kembali diperpanjang 2 pekan yakni mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021. 

Terkait perpanjangan PPKM ini dijelaskan Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Senin (20/9) petang. 

Pelaksanaan PPKM luar Jawa Bali, sebut Menko Perekonomian itu masih diterapkan di 10 kabupaten/kota. 

“PPKM level 4 masih diberlakukan di 10 kabupaten/kota, karena terkait dengan aglomerasi, jumlah penduduk, maupun tingkat vaksinasi masih di bawah 50 persen,” kata Airlangga

Adapun daftar daerah yang masih melaksanakan PPKM Level 4 itu adalah: Aceh Tamiang, Pidie (Aceh); Bangka (Bangka Belitung); Padang (Sumatera Barat); Banjarbaru, Banjarmasin (Kalimantan Selatan); Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur); Tarkan dan Bulungan (Kalimantan Utara). 

Sementara itu, keputusan pusat mengenai perpanjangan PPKM level 4 di Banjarbaru dibenarkan Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin. 

Meski begitu, ia mengaku bingung dengan keputusan perpanjangan kali ini, sebab melihat data, dan indikator – indikator penentu PPKM jenjang level untuk Kota berjuluk Idaman itu mengalami penurunan. 

Seperti angka kasus aktif, keterisian bed atau tempat tidur khusus Covid-19 yang jauh menurun dan angka vaksinasi yang lebih tinggi dibandingkan Provinsi. 

“Ulun (saya) bersama Wakil Wali Kota masih bingung indikator yang diterapkan oleh pemerintah pusat berkaitan Banjarbaru masih berada di level 4 PPKM,” ujar Ovie sapaan akrabnya. 

“Angka kasus aktif sudah jauh menurun, angka BOR juga cuma 8 persen, capaian vaksin termasuk tertinggi di Kalsel,” sambungnya. 

Meski berat menerima keputusan pemerintah pusat, Ovie tetap mengikuti arahan pusat dengan masih memberlakukan PPKM level 4 di Banjarbaru. 

“Terpaksa kami mengikuti walaupun ini keputusan sangat pahit untuk kami,” tandasnya.

Baca Juga