Beli Mobil Damkar Kapasitas 10 Ribu Kubik Air

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Untuk membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan permukiman, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tahun 2019 nanti akan membeli satu unit armada mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Kasatpol PP HSS, Roni Rusnadi menjelaskan bahwa pengadaan satu unit armada Damkar akan difungsikan untuk membantu memadamkan Karhutla yang bisa terjadi di musim kemarau sampai membantu memadamkan sejumlah kebakaran permukiman penduduk.

“ Mobil Damkar juga nanti dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Gali Potensi Unggulan Melalui FGD

Satu unit mobil Damkar akan dibeli menggunakan dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 2,7 miliar dapat menampung kapasitas ribuan kubik air.

“Rencana mobil damkar yang dibeli bisa menampung delapan sampai 10 ribu kubik air,” tutur Roni – panggilan Roni Rusnadi.

Satpol PP Kabupaten HSS dalam susunan organisasi perangkat daerah sekarang diberikan tugas melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi khusus di area permukiman.

BACA JUGA :  Mau Tahu Seluk Beluk Loksado, Silakan Akses “Si Pandu Wisata” di Telepon Android Anda

Dengan adanya mobil Damkar dimiliki Satpol PP Kabupaten HSS dapat membantu menangani kebakaran dengan cepat.

“Sehingga akan dapat meminimalkan kerugian masyarakat saat terjadi kebakaran,” ucapnya.

Bupati HSS, Achmad Fikry dalam suatu kesempatan meminta daerah rawan akan kebakaran pemukiman dan karhutla memiliki alat pemadam sederhana (alat pemadam kebakaran portable).

“Sehingga jika terjadi kebakaran sudah ada sarana yang dapat membantu proses pemadaman api. Terutama yang tidak dapat dijangkau mobil pemadam kebakaran,” ujarnya. (mbur)

Baca Juga