Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kandangan
  4. »
  5. Beli Mobil Damkar Kapasitas 10 Ribu Kubik Air

Beli Mobil Damkar Kapasitas 10 Ribu Kubik Air

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Untuk membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan permukiman, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tahun 2019 nanti akan membeli satu unit armada mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Kasatpol PP HSS, Roni Rusnadi menjelaskan bahwa pengadaan satu unit armada Damkar akan difungsikan untuk membantu memadamkan Karhutla yang bisa terjadi di musim kemarau sampai membantu memadamkan sejumlah kebakaran permukiman penduduk.

“ Mobil Damkar juga nanti dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Permudah Warga Loksado Bikin Data Kependudukan dan Catatan Sipil

Satu unit mobil Damkar akan dibeli menggunakan dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 2,7 miliar dapat menampung kapasitas ribuan kubik air.

“Rencana mobil damkar yang dibeli bisa menampung delapan sampai 10 ribu kubik air,” tutur Roni – panggilan Roni Rusnadi.

Satpol PP Kabupaten HSS dalam susunan organisasi perangkat daerah sekarang diberikan tugas melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi khusus di area permukiman.

BACA JUGA :  Warga Sukarela Sajikan Kolak Pisang Buat Satgas TMMD Kodim Kandangan

Dengan adanya mobil Damkar dimiliki Satpol PP Kabupaten HSS dapat membantu menangani kebakaran dengan cepat.

“Sehingga akan dapat meminimalkan kerugian masyarakat saat terjadi kebakaran,” ucapnya.

Bupati HSS, Achmad Fikry dalam suatu kesempatan meminta daerah rawan akan kebakaran pemukiman dan karhutla memiliki alat pemadam sederhana (alat pemadam kebakaran portable).

“Sehingga jika terjadi kebakaran sudah ada sarana yang dapat membantu proses pemadaman api. Terutama yang tidak dapat dijangkau mobil pemadam kebakaran,” ujarnya. (mbur)

Baca Juga