Petani Mulai Berburu Haman Padi, Seribu Tikus Dimusnahkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Sebanyak 1.066 ekor tikus berhasil diberantas oleh masyarakat Tambak Anyar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar pada Selasa (11/12) pagi.

Pemusnahan salah satu hama tersebut dalam rangka Pencanangan Gerakan Pengendalian Tikus di Kabupaten Banjar Tahun 2018.

Bupati Banjar H Khalilurrahman menuturkan, pengendalian tikus ini salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas hasil panen, dimana tikus ini masih menjadi musuh utama para petani. “Ada ribuan tikus yang berhasil di tangkap warga, dan kita akan terus berupaya melakukan pembasmian hama untuk meningkatkan produktivitas petani,” ujarnya.

BACA JUGA :  Nanang Khalid dan Galuh Zezen Terpilih Mendapatkan Selempang Naga Intan Banjar 2022

Pria yang baru saja berulang tahun ke-73 itu juga menambahkan, populasi tikus ini sangat cepat dalam berkembang biak, karena itu pembasmian tikus ini harus kita lakukan dengan cara-cara yang efektif.

Sementara untuk warga yang berhasil menangkap tikus, dari dinas Pertanian Tanaman Pangan  dan Hortikultura.

“Aatu ekornya kita hargai Rp 500, mereka berburu kemarin ada yang menggunakan senapan, racun, dan kayu untuk memukul, ”ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan  dan Hortikultura HM Fachry.

BACA JUGA :  Cegah Dimensia Dengan Minum Kopi dan Teh

Dikatakannya, pada tahun ini jumlah buruan warga mengalai penurunan jika dibandingkan pada tahun kemarin, ”Tahun ini mengalami kekurangan karena belum saatnya pengendalian, biasanya kalau air sudah naik maka akan banyak terlihat tikus, ”katanya.

Dijelaskannya, Program pengendalian tikus ini telah berjalan selama satu bulan yang di jalankan oleh penyuluh dan didampingi oleh ahli pengendalian hama dari Balai Proteksi Penanaman Pangan Banjarbaru.(sairi)

Baca Juga