Realisasi DAK Cipta Karya Sisa Lima Persen Sebelum Akhir Tahun Rampung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Memasuki penghujung akhir tahun 2018, realisasi pengerjaan fisik menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) hampir rampung dikerjakan.

Kabid Cipta Karya Dinas PUTR HSS, Ahmad Taufik Afriadi menjelaskan pengerjaan fisik dari DAK Cipta Karya tahun 2018 sekitar Rp 14, 3 miliar terbagi untuk sanitasi dan air minum sudah sekitar 95 persen lebih. Sisa sekitar lima persen saja lagi.

“Fisik sanitasi sudah 100 persen dan air minum sisa pemasangan sedikit lagi,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tahun ini Serahkan Alat Setrum, 2019 Diganti Alat Tangkap Ikan

Taufik optimis, realisasi fisik DAK Cipta Karya dapat tercapai tahun ini. “Sebelum akhir tahun Insya Allah rampung,” ucapnya.

Ia mengajak fisik sudah selesai dikerjakan dapat dijaga dan dipelihara bersama-sama, supaya dapat betahan lama.

“Mari kita jaga dan rawat pembangunan yang sudah dilakukan dengan baik. Sehingga bisa menunjang aktivitas masyarakat,” pesan Taufik.

Sekadar diketahui DAK Cipta Karya Dinas PUTR HSS tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017. Tahun ini mendapatkan sekitar Rp 14, 3 miliar, sedangkan tahun 2017 hanya mendapatkan sekitar Rp 8,7 miliar.

BACA JUGA :  Kapolri Berikan Kenaikan Pangkat Luar Biasa kepada Polisi yang Wafat di serang Teroris di Daha Selatan Kalsel

DAK 2017 sekitar Rp 8,7 miliar dapat digunakan untuk pembangunan sanitasi sekitar Rp 5 miliar lebih dan sisanya sekitar Rp 3 miliar lebih untuk perpipaan instalasi air minum.

Sementara DAK 2018 sekitar Rp 14, 3 miliar digunakan untuk pengembangan jaringan dan perluasan layanan sekitar Rp 5,6 miliar. Sisanya sekitar Rp 8,7 miliar untuk tambahan layanan IPAL komunal tersebar di Kabupaten. (mbur)

Baca Juga