Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Meriah Zairullah Tekan Tombol Sirene Pertanda MTQ N Ke 18…

Meriah Zairullah Tekan Tombol Sirene Pertanda MTQ N Ke 18 Dibuka

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, TANAH BUMBU – Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-18 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), dibuka secara langsung oleh Bupati Tanbu dr. HM Zairullah Azhar, di lapangan Kantor Camat, Jum’at malam (2/9).

Tampak dalam pembukaan tersebut, MTQ sangatlah meriah mengingat ribuan manusia yang hadir ada yang datang dari Kecamatan sendiri ataupun luar Kecamatan Angsana.

Ditambah lagi penataan panggung, dengan mengusung konsep Mesjid Nabawi Madinah Saudi Arabia yang  terlihat megah dan membuat tamu undangan dan masyarakat kagum dengan pelaksanaan MTQN tingkat Kabupaten itu.

Adapun seremonial pembukaan dimulai dengan defile kafilah peserta lomba, penampilan tarian kolosal yang menceritakan tentang pemuda-pemudi Angsana yang relegius, taat beribadah, dan berbahagia menyambut penyelenggaraan MTQN Tingkat Kabupaten Tanbu yang digelar di Kecamatan Angsana, serta dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh H. Darwin Hasibuan Qori Internasional juara MTQ di India, Malaysia, dan Iran.

HM. Zairullah Azhar mengatakan, pelaksanaan MTQ bagi Tanbu bukanlah momentum yang sifatnya rutinitas semata, tetapi didalamnya mengandung makna yang dahsyat seiring dengan visi dan misi menjadikan Tanbu menuju serambi madinah, karena saat ini Madinah adalah kota teraman didunia dan pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa dimana orang miskinnya dan pengangguran sedikit.

BACA JUGA :  Bupati Tanbu Imbau Warga Lapor SPT Tahunan

“Ketika orang sholat toko tidak dikunci dan tidak terjadi apa-apa, mudah-mudahan suatu hari nanti Tanbu bisa seperti itu,” harapnya.

Bupati juga menyampaikan rasa bangganya menyaksikan prosesi pembukaan MTQ dimulai dari defile kafilah dari berbagai kecamatan yang sangat meriah, apalagi melihat generasi-generasi muda yang ikut penuh dengan semangat karena generasi muda inilah yang nantinya menjadi penerus pembangunan Tanbu kedepannya.

Disamping itu, Dia juga menyampaikan, saat ini bersama dengan tokoh agama dan masyarakat, Tanbu berkomitmen mengembangkan rumah tahfidz diseluruh desa, kemudian memakmurkan satu mesjid satu desa yang pelaksanaannya terus berlangsung diseluruh wilayah di Tanbu.

Program memakmurkan satu mesjid satu desa ini, sambung pengasuh Istana Anak Yatim Kalsel tersebut bertujuan untuk mendidik anak-anak menjadi sosok yang religius, cinta mesjid, berakhlak, dan cerdas yang nantinya akan meneruskan pembangunan di Tanbu.

“Kita ingin mesjid buka setiap harinya, lantunan zikir dan sholawat, serta kegiatan keagamaan bergema diseluruh penjuru Tanbu,” harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana MTQN Ke-18 Liana Hamita mengatakan digelarnya MTQN Tahun 2022 di Kecamatan Angsana bertujuan untuk menumbuhkan potensi minat dan bakat generasi muda agar senantiasa membumikan Al-Qur’an sehingga menghasilkan insan qur’ani yang unggul, cerdas dan agamis.

BACA JUGA :  Di Akhir Masa Jabatan Sudian Noor Bersama Istri Akan Kunjungi Seluruh Kecamatan Yang Ada Di Tanbu.

Dia menambahkan kegiatan yang digelar mulai 2-8 September ini mengusung tema baca Al-Qur’an, hayati, dan amalkan kandungannya untuk akselerasi pembangunan Bumi Bersujud mewujudkan Tanbu menjadi Serambi Madinah.

Sedangkan cabang lomba sebanyak 28 cabang serta festival rebbana, dengan jumlah total peserta sebanyak 626 orang dari 12 Kecamatan se-Tanbu.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Liana Hamita kepada Bupati Zairullah Azhar atas arahan dan bimbingannya selaku pembina dan penasehat kegiatan MTQN ke-18 Tingkat Kabupaten Tanbu, serta ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi seluruh panitia dan kerjasama seluruh pihak terkait sehingga lomba MTQ terlaksana dengan baik dan lancar.

Pembukaan selain dihadiri Bupati Tanbu Zairullah Azhar juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tanbu H. Ambo Sakka, dan Kepala Kemenag Tanbu H.M. Rudi Hilmi, serta.

Acara terzubut dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir MTQ oleh Bupati kepada Ketua Panitia Pelaksana MTQN ke-18 Tingkat Kabupaten Tanbu. (MHI)

Baca Juga