Penderita HIV/AIDS Ada di Sekitar Kita

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Jalan sehat yang bertajuk “Saya Berani, Saya Sehat” dalam rangka hari HIV/AIDS dihadiri ratusan masyarakat yang turut meramaikan kegiatan. Kasi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes Banjar Taufiqurahman menuturkan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Aids sedunia Tahun 2018.

“Tiap peringatan berisi informasi kepada masyarakat bahwa penyakit HIV AIDS itu ada di sekitar masyarakat. Tapi, penderita harus didukung bukan untuk dihindari! orang yang terkena HIV AIDS sama dengan orang pada umumnya,” ujar Taufiqurahman.

BACA JUGA :  Kapolda Kalsel Menjadi Narasumber Dalam Program Lintas Banua Pagi

“Mereka juga ingin sehat, harus kita laksanakan penanggulangan dengan cara memeriksa atau melakukan tes apakah kita ada risiko atau tidak,” katanya.

Dikatakannya, untuk Kabupaten Banjar terdapat 138 orang yang hidup dengan HIV/AIDS. Mereka tersebar di Kabupaten Banjar dan kebanyakan adalah wanita. Ketika menemukan pasien yang reaktif atau HIV positif, langsung melakukan pendampingan dan diajak sharing.

BACA JUGA :  LPTQ Terus Tingkatkan Kualitas dan Profesionalitas

“Karena, penyakit ini sama dengan penyakit yang lain, dan jika kita menemukan pasien yang positif HIV/AIDS perlu pendampingan psikis, biasanya yang bersangkutan tidak menerima begitu saja, tugas kami menguatkan mental,” ujar Taufik.

Baca Juga