Cegah Virus PMK, DKP3 Balangan Vaksinasi Ternak Sapi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah kecamatan Awayan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan untuk melakukan suntik vaksin PMK terhadap hewan ternak yaitu sapi di 23 Desa Kecamatan Awayan, Selasa (4/10/2022).

Pemberian vaksin kedua jenis Aftopor sebanyak 200 dosis tersebut dengan menyasar pada 100 ekor ternak sapi di Kecamatan Juai dan 100 ekor di Kecaman Awayan. Ada beberapa titik vaksinasi yang dikunjungi oleh tim vaksinator, yaitu di kandang peternakan sapi milik warga mulai dari Desa Pulantan, Piyait, hingga Tundi Awayan

BACA JUGA :  Tanpa Dukungan Pemerintah, PABERSI Balangan Tetap Raih Medali

Selaku Staff Bidang Peternakan DKP3 Kabupaten Balangan, M. Indra Nugraha menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi virus PMK oleh tim vaksinator ini dilaksanakan di Zona Hijau dan hanya diberikan kepada sapi yang sehat. Tujuannya untuk mencegah dan memutus rantai peyebaran virus PMK yang menyerang ternak sapi di Kecamatan Awayan. Serta dalam pelaksanaanya tidak ada pemungutan biaya alias gratis.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Ikuti Vidcon Kemendagri Terkait Pengendalian Inflasi

“Adapun tujuan dari pada kegiatan ini adalah sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah PMK, jadi dengan diberikannya vaksinasi ini ternak sapi dapat terproteksi dan bisa terhindar dari PMK” kata Indra.

Terakhir, Indra berharap dengan adanya kegiatan vansinasi ternak ini Kabupaten Balangan terhindar dari virus Penyakit Mulut dan Kuku

“Semoga Kabupaten Balangan bisa terbebas dari wabah PMK dan tetap menjadi zona hijau atau aman dari PMK” harapnya.

Baca Juga