Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Ingat! Mulai 14 Januari 2024, Jalan Ahmad Yani Martapura Ditutup…

Ingat! Mulai 14 Januari 2024, Jalan Ahmad Yani Martapura Ditutup Saat Haul Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pengalihan rute untuk jalur angkutan barang (truk kapasitas besar) diberlakukan pada saat Haul Guru Sekumpul ke 19 dilaksanakan.

Kapolres Banjar, AKBP Ifan Hariyat Taufik, mengungkapkan, pada 12 Januari 2024 pihaknya bersama tim gabungan sudah mulai melakukan pemantau di lapangan.

“Pengalihan arus kita tentatif, bilamana arus lalu lintasnya mulai padat dan ramai lalu kami alihkan,” ujarnya, Kamis (11/1/2024).

Jika volume kendaraan meningkat baik empat dan enam, kata dia, pengalihan arus diberlakukan sesuai rekayasa lalu lintas. Mengingat, pemetaan (mapping) sejumlah titik rute pada pelaksanaan haul sudah ditentukan bersama tim gabungan.

“Jadi hari H (pelaksanaan) arus semua menjadi jalur satu arah menuju Martapura. Baik arah hulu sungai (banua enam), Tanah Laut dan Banjarmasin, kami arahkan ke dalam untuk semua kendaraan,” paparnya.

BACA JUGA :  Relokasi ke Karangan Putih Keraton... Selamat Tinggal Puskesmas Pasayangan
image editor output image 102401635 1704957506777520842184448735956

Pada 14 Januari 2024, pukul 00.00 Wita dini hari, Ifan secara tegas, akses utama ditutup. “Kendaraan besar seperti truk dan sejenisnya kita alihkan jalan simpang 3 Haji Dua tembus ke Trikora Banjarbaru. Ditegaskannya lagi, jika volume kendaraan meningkat.

Sebaliknya, pada saat kepulangan jaamah Haul Guru Sekumpul ke 19 terutama ke Kalteng, ia menyampaikan, bisa menggunakan jalur yang nantinya diarahkan tim gabungan pengamanan arus lalu lintas (lalin) haul.

“Kalau dari hulu sungai bisa melewati Margasari (Tapin) menembus Handil Bakti (Batola) belok kanan,” bebernya.

Untuk arah menuju Banjarmasin, tim gabungan juga akan mengarahkan jamaah melalui jalur yang sudah ditetapkan. “Haji Duan keluarnya di Trikora (Banjarbaru) balik lagi Jalan Ahmad Yani, Kilometer (KM) 7, Kertak Hanyar (Kabupaten Banjar),” papar Ifan.

BACA JUGA :  PSBB Tak DIlanjutkan, Banjar Kembali Ke Darurat Bencana Non Alam

Sementara itu, Kasatlantas Polres Banjar, AKP Risda Idfira, mengungkapkan, apabila kendaraan non jamaah yang melintas di poros utama sudah ditutup, maka, otomatis jalur alternatif sebagai gantinya.

“Untuk mobil besar (truk pengangkut barang) sudah dialihkan ke kilometer (KM) 94 bisa tembus di sungai puting dan kendaraan-kendaraan besar juga bisa melewati kilometer (KM) 71 tembus ke Bakumpai nanti mohon di bantu dari jajaran Polres Tapin,” ungkapnya saat pemaparan rekayasa lalin pengamanan Haul Guru Sekumpul ke 19.

Dirinya menegaskan, apabila jalanan sudah penuhi jamaah. Maka, jalan poros utama ditutup dan otomatis dialihkan.

“Apabila sudah full (penuh) maka dari jalan Haji Duan kita sudah tutup mati. Kendaraan bakal dialihkan dari by pass tembus ke Banjarbaru,” tutup Risda.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga