Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. PTAM Intan Banjar
  4. »
  5. Warga Banjarbaru Keluhkan Air Ledeng Macet, Ini Penjelasan Dirut PTAM…

Warga Banjarbaru Keluhkan Air Ledeng Macet, Ini Penjelasan Dirut PTAM Intan Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Warga Kota Banjarbaru mengeluhkan air leding berlangganannya yang tak kunjung mengalir mulai hari terakhir Ramadan sampai lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Keluhan tersebut disampaikan, Yustinawati kepada awak media pada, Rabu (17/4/2024) siang.

“Awalnya tidak masalah, karena kami masih ada persediaan stok air bersih selama tiga hari. Karena air leding masih tidak mengalir jelang lebaran, terpaksa kami mengambil air sumur dengan membeli mesin pompa air. Jadi, sampai hari ini air ledeng masih belum mengalir,” ujarnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Direktur Utama (Dirut) PTAM Intan Banjar, Syaiful Anwar usai menghadiri pertemuan bersama Balai Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula memastikan pendistribusian air bersih akan kembali normal dalam 7 hari ke depan, karena masih dilakukan proses pengembalian tekanan air pada pipa, utamanya pada kawasan-kawasan yang berada di ujung jaringan, akibat pipa transmisi berdiameter 1200 mm milik BPAM alami kebocoran di Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  PTAM Intan Banjar Terus Berbenah, Ikhwansyah Fokuskan Kelancaran Pendistribusian

“Saya, atas nama Direktur PTAM Intan Banjar memohon maaf yang sebesar-besarnya atas terganggunya layanan distribusi air bersih dan ketidaknyamanan ini,” tuturnya.

Berdasarkan informasi dari BPAM Banjarbakula, lanjut Syaiful, aksesori untuk perbaikan pipa tersebut sedang dipesan. Karena itu dirinya berharap aksesoris tersebut tiba pada besok hari sehingga perbaikan dapat dilakukan sesegera mungkin.

“Dari informasi yang kami dapat, aksesoris tersebut diproduksi secara khusus, karena pabrik resmi penyedia pipa GRP ini sudah diskontinu. Alternatif lainnya, Tim teknis rekanan BWS Kalimantan III dan BPAM Banjarbakula melakukan pemesanan pembuatan aksesoris pada tiga vendor pabrikasi yang berbeda. Karena itu tim mengalami keterlambatan dalam hal waktu produksi aksesoris dari vendor, ditambah di tengah suasana libur lebaran,” ucapnya.

BACA JUGA :  Tanggapi Keluhan Warganya Soal Gangguan Distribusi Air Bersih, Wali Kota Banjarbaru : Sebentar Lagi Air PAM Kembali Mengalir

Sebagai salah satu upaya menanggapi keluhan para pelanggan, tambah Syaiful, pada hari ini PTAM Intan Banjar telah menjalankan operasional air bersih dengan suplai air baku yang tersedia untuk didistribusikan kepada seluruh pelanggan yaitu dengan total 260 liter per detik.

“Tentunya kapasitas ini belum mampu memenuhi kondisi normal pelayanan yaitu di 490 liter per detik. Karena itu kita akan menambah lagi suplai air bersih bekerja sama dengan BPAM Banjarbakula sebesar 100 liter per detik melalui air baku aliran irigasi. Sehingga total kapasitas produksi kita saat ini sekitar 360 liter per detik,” pungkasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

Baca Juga