Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pemkab Tanbu Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2024

Pemkab Tanbu Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab. Tanah bumbu Eriyanto Rais menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 melalui zoom meeting di Kantor Bupati (13/5/2024).

Rakor tersebut di pimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta di ikuti oleh asisten bidang perekonomian dan pembangunan kab. tanah bumbu melalui zoom meeting.

Menurut BPS angka inflasi sebagaimana tertera di angka target 3% year on year bahkan dari bulan Maret ke April turun dari 0,5 ke 0,25%.

Tingkatkan pelayanan PBB-P2, Bapenda Tanah Bumbu Luncurkan Aplikasi Siperjaka

BACA JUGA :  PPPK Fungsional Guru Tanbu Resmi Terima SK Bupati 

Angka tersebut meskipun menarik tapi tidak menggambarkan sesuatu yang di nikmati oleh masyarakat.

mayoritas masyarakat menikmati harga yang stabil daerah dengan inflasi yang tinggi tapi masyarakatnya belum menikmati harga yang stabil tersebut.

Di ketahui bahwa angka yang ada di baik provinsi di atas angka nasional bahkan ada Kab/Kota yang mencapai 7% .

APBD di harapkan bulan April Mei mencapai target paling tidak di angka 30-40% pendapatannya baik dari pusat maupun dari PAD.

BACA JUGA :  Pelantikan Kades di Tanbu Sudah Sesuai Mekanisme

Belanja yang di harapkan tidak jauh dari pendapatan belanja pemerintah memiliki dua fungsi utama yaitu membuat uang yang beredar di masyarakat sehingga masyarakat memiliki daya beli yang kuat.

”Konsumsi rumah tangga akan meningkat , merupakan kontributor untuk membangun atau membuat angka ekonomi grow atau pertumbuhan ekomoni. Sementara fungsi daripada belanja pemerintah adalah mendorong swasta menstimulasi untuk bangkit”. ujar Tito Karnavian

Turut Hadir pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi tersebut Kabag Ekononi, Dinas Perhubungan, Bagian Hukum, Inspektorat dan Instansi terkait lainnya. (Rel/mc) 

Baca Juga