Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Dinas PMD Kalsel Lakukan Penilaian Untuk BUMDes Usaha Mulia Balangan

Dinas PMD Kalsel Lakukan Penilaian Untuk BUMDes Usaha Mulia Balangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Usaha Mulia, Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, menjadi satu-satunya di Bumi Sanggam yang mengikuti penilaian BUMDes tingkat Provinsi Kalsel 2024, Senin (13/5/2024).

Kabid Pengembangan Ekonomi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Agus Fariady, mengatakan ada sejumlah aspek yang akan menjadi prioritas penilaian pada BUMDes kali ini. Termasuk bagaimana keberhasilan dalam mengelola usahanya, terutama cerdas dalam memanfaatkan potensi desa sehingga mampu menyumbang PADes yang berpegang erat untuj meingkatkan ekonomi perdesaan.

“Penilaian ini sebagai wadah bagi kita untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan para Bumdes di Kalimantan Selatan dalam mengelola usahanya, meningkatkan ekonomi desa terutama keberhasilan BUMDes untuk memanfaatkan potensi desa, menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) serta kelengkapan dokumen administrasi lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Wujudkan Kalsel Jadi Pintu Gerbang IKN Lebih Maju, BRIDA Kalsel Join Riset ke Pemkab Tabalong

Terkait penilaian BUMDes di Desa Balida, hasilnya sangat memuaskan terlihat dari gejolak ekonomi yang ada dengan memanfaatkan potensi wisata seperti wisata budaya, kerajinan dan wisata alam.

“Hasil penilaian ini, diharapkan BUMDes Usaha Mulia Desa Balida dapat terpilih menjadi wakil terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan,” harap Fariady.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Ekonomi Desa PMD Kabupaten Balangan, Hakim, sangat berterima kasih kepada tim penilai atas terpilihnya BUMDes Usaha Mulia Balida untuk mewakili Kabupaten Balangan pada tingkat provinsi.

BACA JUGA :  Dukung Posyantek, Dinas PMD Kalsel Bawa Solusi Tepat Guna Untuk Pengembangan Desa

“Alhamdulillah terbaik tahun ini di Kabupaten Balangan BUMDes Usaha Mulia Desa Balida, Kecamatan Paringin, harapannya tentu dengan terbaik di Kabupaten Balangan ini bisa menjadi yang terbaik juga di Kalimantan Selatan,” harapnya.

Seperti diketahui, Tidak hanya Kabupaten Balangan, daerah lain seperti Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru juga ikut dalam penilaian tersebut. (Adv)

Reporter : Riswan Surya
Editor      : Nashrullah

Baca Juga