Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Pentingnya Pemberian Asi Ekslusif untuk Menekan Angka Stunting, Ketua TP…

Pentingnya Pemberian Asi Ekslusif untuk Menekan Angka Stunting, Ketua TP PKK HST Dipercaya Jadi Narasumber

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9, BARABAI – Ketua TP PKK Hulu Sungai Tengah (HST), Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, berikan pembekalan kepada ratusan peserta sahabat asi di Pendopo Bupati HST, Senin (10/6/2024).

Dalam kesempatan itu, ia menekankan pentingnya pemberian asi ekslusif bagi para ibu-ibu setidaknya minimal enam bulan bahkan bisa sampai dua tahun atau lebih untuk menekan angka stunting.

Seperjalanan menjadi Ketua TP PKK, dirinya cukup banyak mendapat isu-isu yang membuat gagal memberikan asi ekslusif dengan berbagai tantangan yang ada. Maka dari itu, diharapkan informasi mengenai pemberian asi ekslusif ini harus didapatkan seluruh perempuan terutama di Kabupaten HST.

“ini adalah tugas yang penting dan urgent bagi TP PKK untuk mewujudkan visi kita yaitu keluarga yang sejahtera dan terperdaya,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati HST Serius Tangani Penguatan Karakter Peserta Didik Lewat Digitalisasi

Para kader sahabat Asi ini memiliki peran yang sangat penting, terutama agar bisa membantu menurunkan angka stunting. Saat ini HST telah berada diangka prevalensi 13 persen atau capaian tersebut setidaknya telah melebihi target nasional. Ke depan, ia mengharapkan dapat menekan lebih dalam lagi.

“Harapannya ada inovasi yang terus kita lakukan, baik dari kabupaten, desa hingga dasa wisma agar bisa menekan stunting hingga 0 persen,” harapnya.

Cheri mengharapkan semua kadernya dapat memiliki sertifikasi kenselor laktasi, atau menjadi tenaga profesional keperawatan yang membantu para ibu baru dalam usahanya untuk menyusui buah hati. Meski prosesnya panjang, pihaknya sudah memulai dengan memberi pembekalan ini terlebih dahulu.

“Mudah-mudahan mimpi ini akan jadi nyata, karena proses perjalanannya cukup panjang. Pertama-tama kita mendapatkan pembekalannya terlebih dulu dengan konselor laktasinya,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Dengan langkah tersebut, tambah Cheri, para kadernya bisa bersama-sama membantu dalam mewujudkan visi Bupati HST untuk menjadi daerah yang makmur, unggul dan dinamis, sebagai sahabat Asi.

Sementara, dr Ahmad Fachrurrozi, selaku spesialis anak dari Rumah Sakit H Damanhuri (RSHD) Barabai yang juga konselor ASI eksklusif, turut mengupas secara mendalam terkait pentingnya pemberian asi ekslusif ini untuk menekan angka stunting.

Yang jelas, dirinya mengajak untuk berdiskusi dan tanya jawab kepada ratusan peserta terkait pentingnya Asi pada 1.000 HPK (hari pertama kehidupan) dan berbagai hal lainnya. Menariknya lagi, ada berbagai doorprize (hadiah) yang dibagikan kepada para peserta, sehingga suasana pembekalan menjadi begitu sangat antusias. (Adv/prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga