Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Disperindag Banjar
  4. »
  5. Pasar Martapura, Kandidat Pasar Tertib Ukur

Pasar Martapura, Kandidat Pasar Tertib Ukur

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar turun ke Pasar Martapura kemarin. Petugas melakukakan tera ulang kepada sejumlah timbangan pedagang di pasar Ikan Batuah Martapura.

“Kegiatan ini mengantisipasi kecuangan beat timbangan. Kali ini rutin turun pembentukan pasar tertib ukur. Kalau timabngan pas, konsumen dan pembeli merasa aman,” kata
Tenaga ahli Unit Metrologi Legal Titin Hartati.
Semakin sering ke lapangan, dan tera ulang seluruh timbangan membuat pedagang sadar. Apalagi, mengurangi timbangan sangat berlawanan dengan keyakinan religious orang Martapura. Buktinya, saat kemarin ke pasar, tidak ada ditemukan timbangan yang menyijmpang, padahal di tera ulang sebanyak 65 unit.
Ditambahkan Titin dalam melakukan tera ulang menarik retribusi berdasarkan Perbup No 66 tahun 2017. Besaran retribusi tergantung jenis timbangan yang di tera ulang, seperti halnya jenis timbangan kelas III & IV sebesar Rp 3.000 dan alat timbangan 1 set seribu. Yang mana para pedagang hanya dikenakan Rp4 ribu per timbangannya.
“Setiap timbangan ini harus di tera ulang, setiap tahunnya, pasti mengalami penyusutan timbangan, faktornya macam-macam karena kualitas timbangan, akibat banyaknya pemakaian yang terus menerus,” Katanya.

BACA JUGA :  Dekati Gerindra, Said Abdullah Bersedia Maju Jadi Bupati Banjar

Baca Juga