Pemkab Banjar Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari sejarah Pemberontakan G30S PKI yang menewaskan jenderal-jenderal terbaik bangsa saat itu. Usaha mengganti dasar negara gagal, dan pemerintah akhirnya menetapkan sejarah kelam itu sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Seperti tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjar juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Bupati Banjar H Khalilurrahman menjadi Inspektur Upacara di Halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (1/10) pagi.

BACA JUGA :  Tim Pemkab Banjar Turun Tangan Bantu Warga Katingan yang Dilanda Banjir

Hari Kesaktian Pancasila dirangkai dengan pembacaan ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Banjar M. Iqbal Khalilurrahman.  Setelahnya, diserahkan bantuan 13 unit tossa roda 3 kepada Sekretaris DLH Noormansyah. Juga, piagam penghargaan dari KPP Banjarbaru kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar HG Ruspan Noor.

BACA JUGA :  Pemanjat Tebing Terima Penghargaan

Guru Khalil selepas melaksanakan upacara mengakui, momentum Hari Kesaktian Pancasila sangat penting dalam menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Telah terbukti nilai-nilai luhur Pancasila mampu memelihara NKRI,” terangnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan, ideologi Pancasila adalah ideologi pemersatu bangsa Indonesia. Oleh karenanya, makna Pancasila harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.(MAS)

Baca Juga