Peringatan Haul KH Abdullah Jamal Tatah Layap

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Ratusan jamaah asal Kecamatan Tatah Makmur dan sekitarnya memadati Makam KH Abdullah Jamal, Sabtu (20/10) malam.

Ulama dari Desa Tatah Layap yang meninggal 2012 silam diperingati lagi haul dan dihadiri Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

KH Abdullah Jamal lahir pada tahun 1935  dan meninggal 2012. Beliau menempuh pendidikan agama di Madrasah Ibtidaiah Darul Imad Tatah Bahalang Desa Taibah Raya. Dia mendapat bimbingan KH.Marzuki.

Selepas dari Darul Imad, melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren Darussalam Martapura dan diasuh oleh KH Seman Mulia.

BACA JUGA :  UNICEF Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banjar

 

Selain itu beliau juga mendapatkan pelajaran agama dari ulama besar lainnya seperti KH Abdul Qadir Hasan, KH Salim Ma’ruf, KH Salman Jalil, KH Husein Qadri dan KH M Zaini Abdul Ghani atau yang dikenal dengan sapaan Guru Sekumpul.

Sesudah beberapa tahun lulus dari Ponpes Darussalam Martapura, mendirikan Ponpes Inayatul Marzuki di Desa Tatah Layap. Nama Inayatul Marzuki diambil dari nama pembimbing beliau di masa anak-anak yakni KH Marzuki.

BACA JUGA :  Dugaan Korupsi di Sekretariat DPRD Banjarbaru Masuk Tahap Penyidikan

Sebagian besar Santri Inayatul Marzuki berasal dari Kecamatan Tatah Makmur dan Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

Selain mendirikan Ponpes Inayatul Marzuki juga mendirikan Majelis Taklim Dalailul Khairat yang rutin digelar setiap hari Kamis.

Sementara itu, H Saidi Mansyur bersyukur bisa hadir di haul yang diperingati  pihak keluarga dan masyarakat sekitar yang dilaksanakan sebelum puncak acara.

Ia berharap, semua Jemaah mendapat berkah serta mendapatkan ampunan dan hidayah dari Allah Swt dari peringatan haul.(MAS)

 

Baca Juga