Peringatan Haul KH Abdullah Jamal Tatah Layap

0 Shares

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Ratusan jamaah asal Kecamatan Tatah Makmur dan sekitarnya memadati Makam KH Abdullah Jamal, Sabtu (20/10) malam.

Ulama dari Desa Tatah Layap yang meninggal 2012 silam diperingati lagi haul dan dihadiri Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

KH Abdullah Jamal lahir pada tahun 1935  dan meninggal 2012. Beliau menempuh pendidikan agama di Madrasah Ibtidaiah Darul Imad Tatah Bahalang Desa Taibah Raya. Dia mendapat bimbingan KH.Marzuki.

Selepas dari Darul Imad, melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren Darussalam Martapura dan diasuh oleh KH Seman Mulia.

 

Selain itu beliau juga mendapatkan pelajaran agama dari ulama besar lainnya seperti KH Abdul Qadir Hasan, KH Salim Ma’ruf, KH Salman Jalil, KH Husein Qadri dan KH M Zaini Abdul Ghani atau yang dikenal dengan sapaan Guru Sekumpul.

Sesudah beberapa tahun lulus dari Ponpes Darussalam Martapura, mendirikan Ponpes Inayatul Marzuki di Desa Tatah Layap. Nama Inayatul Marzuki diambil dari nama pembimbing beliau di masa anak-anak yakni KH Marzuki.

Sebagian besar Santri Inayatul Marzuki berasal dari Kecamatan Tatah Makmur dan Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

Selain mendirikan Ponpes Inayatul Marzuki juga mendirikan Majelis Taklim Dalailul Khairat yang rutin digelar setiap hari Kamis.

Sementara itu, H Saidi Mansyur bersyukur bisa hadir di haul yang diperingati  pihak keluarga dan masyarakat sekitar yang dilaksanakan sebelum puncak acara.

Ia berharap, semua Jemaah mendapat berkah serta mendapatkan ampunan dan hidayah dari Allah Swt dari peringatan haul.(MAS)

 

0 Shares

Plh Walikota Banjarbaru Sambut Kunjungan Kepala Basarnas Banjarmasin

headline9.com, BANJARBARU - Plh Wali Kota Banjarbaru H Said Abdullah terima kunjungan Kepala Basarnas Banjarmasin, Slamet Riyadi, dalam audiensi dengan Plh Wali Kota Banjarbaru....

Masalah Lahan Bayangi Pembangunan Waduk Riam Kiwa

headline9.com, MARTAPURA – Untuk mereduksi banjir di Kabupaten Banjar, rencana pembangunan Waduk Riam Kiwa menjadi prioritas utama. Namun, masih ada masalah yang harus diselesaikan...

Pj Gubernur Kalsel Melaunching Pelaksanaan MTQN Ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Tanbu

BATULICIN, headline9.com – Launching pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus Rapat Koordinasi LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 digelar...

Disnakertrankop dan Usaha Mikro Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Tanbu

BATULICIN, headline9.com – Keberadaan Balai Latihan Kerja Kabupaten Tanah Bumbu (BLK Tanbu) menjadi sarana pemerintah daerah guna meningkatkan keahlian masyarakat, terutama para pencari kerja. Pada...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: