Tugu Bundaran Lukah Segera Dibangun Bulan Ini di Jalan Lingkar Selatan Daha

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Pembangunan bundaran dengan desain Lukah Iwak (alat tangkap ikan tradisional, red) segera direalisasikan. Tugu itu berada di kawasan Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Daha Selatan.  Adalah Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Hulu Sungai Selatan (HSS) yang akan membangun.

Hal ini setelah pelebaran dan pengaspalan jalan pembangunan bundaran dengan desain Lukah Iwak selesai dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) HSS.

Kabid Bina Marga Dinas PUTR HSS, Fatimah mengatakan bahwa untuk pelebaran dan pengaspalan jalan akan dibangun tugu bundaran menjadi kebanggaan warga Nagara yang meliputi tiga Kecamatan yaitu Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat sudah selesai dikerjakan.

“Pengaspalan sudah selesai dilakukan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Dispera KPLH HSS, MK Saputra melalui Kabid Pertanahan dan Prasarana Sarana Utilitas (PPSU) Mahyuni mengatakan bahwa pembangunan tugu bundaran dengan desain Lukah Iwak sudah dilakukan pengukuran dan persiapan pondasi. Pembersihan lokasi dan penanaman pohon juga akan dilakukan.

“Pembangunan tugu bundarannya akan langsung diresmikan Bupati HSS Achmad Fikry bulan ini atau paling lambat awal November nanti,” ujar Mahyuni.

Kontruksi pembangunan tugu bundaran Lukah Iwak dilengkapi dengan ornamen sekilas tentang kehidupan sosial warga Daha seperti hasil pertanian unggulan yaitu, semangka dan gumbili (Ubi) sudah dipersiapkan.

“Rencana diperkirakan tugu bundaran Lukah Iwak sebelum hari jadi Kabupaten HSS sudah selesai,” tutur Mahyuni. (mbur)