Perencanaan naan Desa Bisa Diakses Melalui Smartphone

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Terobosan baru diterapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk menciptakan perencanaan desa berkualitas.
Caranya dengan membuat pojok perencanaan desa (Pojok Rasa) berbasis android . Sistem Pojok Rasa berbasis Android sebagai upaya menciptakan perencanaan desa yang berkualitas dalam penyelarasan kebijakan desa dan Pemkab HSS tersebut di launching akhir pekan tadi oleh Penjabat (Pj) Sekda HSS H Hubriansyah di Gedung Kesenian.

Kepala Dinas PMD HSS, Kamidi menjelaskan melalui Pojok Rasa berbasis Android yang diterapkan di Kabupaten HSS supaya masyarakat dengan mudah mengetahui informasi perencanaan desa yang dilakukan di masing-masing desa di Kabupaten setempat.

“Cukup mengakses aplikasi, warga bisa mengetahui semua informasi mengenai perencanaan masing-masing desa,” ujarnya, Jumat (16/11).

BACA JUGA :  Klinik Utama Rawat Jalan Cahaya Imani Hadir di Kandangan

Dengan aplikasi Pojok Rasa ini setiap desa juga nanti dapat mengukur Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Sampai menjaga kualitas perencanaan desa dengan penyelarasan baik itu kebijakan desa, Kabupaten dan lainnya.

“Serta pelaksanaan proses perencanaan desa bisa lebih terarah. Pendampingan langsung dari Pokja perencanaan yang dibentuk dan didukung aplikasi Pojok Rasa,” tutur Kamidi.

Aplikasi Pojok Rasa berbasis Android ini didalaminya terdapat beberapa menu seperti kebijakan pemerintah daerah (RPJMD 2018-2023), kebijakan Pemdes (RPJMDes), Musyawarah desa (Musdes) perencanaan pembangunan desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), Anggaran Pembangunan dan Belanja Desa (APBDes), Indeks Desa Membangun (IDM), sampai Program Inovasi Desa (PID).

BACA JUGA :  14 Hari Operasi Zebra Intan 2018, Terbitkan 809 Surat Tilang. Turun Dibandingkan Operasi Zebra 2017

Pj Sekda HSS, Hubriansyah mengatakan bahwa sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati HSS Achmad Fikry – Syamsuri Arsyad untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan baik dan bersih, serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi dalam bingkai kehidupan yang agamais.

“Semoga dengan aplikasi ini memberikan manfaat untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten HSS,” ujarnya.

Saat launching Pojok Rasa dilakukan juga digelar Bursa Inovasi Desa (BID) yang merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa.

BID untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa. (mbur)

Baca Juga