Pematang Danau Produksi Susu Kambing Etawa Cair dan Bubuk

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pematang Danau tampaknya terbilang sukses, pasalnya BUMDES yang memproduksi susu sapi etawa itu banyak diminati masyarakat Kalimantan Selatan.

Saat dipamerkan pada kegiatan Inovasi Desa pada Rabu kemarin, Camat Mataraman Rubaini mengaku sangat mendukung produksi.

“Ada 15 desa yang sudah punya BUMDES, namun hingga kini hanya ada dua Desa yang terbilang maju Bumdesnya salah satunya Desa Pematang Danau dengan memproduksi susu kambing Etawa cair maupun bubuk, “Ujar Camat Mataraman Rubaini

Dikatakan Rubaini, pihaknya sebagai kecamatan memfasilitasi melalui pendamping, dana desa ikut membantu perkembangan BUMDES di kecamatan Mataraman.

“BUmdes ini tujuannya Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka masyarakat pun sangat antusias dalam menjalankan Bumdes di Desa masing-masing, ”katanya.

Ditambahkannya, untuk produksi Susu Kambing Etawa telah mendapat tawaran kerja sama dengan Bumdes Desa Mandi Kapau Darat Kecamatan Karang Intan.

BACA JUGA :  Pimpin Operasi Gabungan, 77 Botol Miras dan 4 Pasangan Bukan Pasutri Diamankan

“kita ada tawaran kerjasama dengan Bumdes Desa Mandi Kapau darat, akan mendirikan kios di kawasan danau tamiang untuk memasarkan produk kami.” Ucapnya.

Diketahui selain memproduksi susu bubuk, susu kambing etawa juga difermentasi menjadi masker wajah. Dengan cara diambil sarinya. tidak ada campuran susu lain selain susu kambing etawa tapi kalau ditambah minyak zaitun akan lebih bagus.

“Manfaatnya untuk meremajakan kulit, termasuk menghilangkan jerawat juga untuk memutihkan kulit biasa dipakai untuk di wajah juga untuk kulit badan, Biasanya kita memakai satu kali sehari, dioleskan saja di muka kemudian didiamkan minimal 15 menit kemudian dicuci dengan air bersih. Urusan jerawat cukup pemakaian 3 hari sudah hilang jerawatnya. Tiga kali memakai jerawatnya kering, itu tiga hari, cukup oleskan sampai kering maskernya, ”ujar Pendamping Desa di Kecamatan Mataraman.

BACA JUGA :  Menko PMK Tinjau Lokasi Pengungsian Di Sungai Tabuk

Selain Susu Bubuk Kambing Etawa yang telah banyak memiliki konsumen, begitu pula dengan masker susu kambing etawa, namun kebanyakan konsumen dari kaum hawa.

“Jika diolehkan ke kulit (tubuh) ketika sudah kering digosok dakinya langsung keluar. Karena susu ini Mengandung vitamin E, yang jelasnya karena mengandung susu. dalam penyimpanan disarankan menyimpan di suhu ruangan, jika membuat dalam kulkas jangan di freezer,”katanya.

Bursa Inovasi Desa resmi dibuka oleh Sekda Banjar Ir Nasrun Syah di Gedung Serbaguna SD Bertaraf Internasional Jl Chandra Kirana, Desa Indrasari, Martapura, Rabu (14/11). Dari inovasi desa diharap ekonomi warga desa semakin maju dan berkembang.(sairi)

Baca Juga