Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, RSD Idaman Kembangan Inovasi Digital

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru terus mengembangkan teknologi berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Direktur RSD Idaman Banjarbaru dr Danny Indrawardhana menjelaskan, saat ini RSD Idaman Banjarbaru sedang mengembangkan pemberlakuan e-Medical Record atau rekam medis berbasis digital.

“Nantinya, status pasien, reserve itu akan berbasis digital,” ujarnya, Senin (25/07/2022).

“Sekarang sudah kita mulai, jadi di Poliklinik Rawat Jalan sudah pemenuhan beberapa alat atau bahan terkait dengan digital, baik itu komputernya, dan kemudian juga terkait pelatihan-pelatihannya,” sambungnya.

Menurut dr. Danny, terkait pendaftaran pasien juga sudah mulai diberlakukan secara digital, tapi kedepannya akan dikembangkan lebih luas lagi. Kedepannya pihaknya juga tengah mengembangkan penelitian berbasis digital, sehingga kedepannya diharapkan bisa paperless , atau tanpa penggunaan kertas.

BACA JUGA :  Pasien Covid-19 Meningkat, Ruang Perawatan Khusus Penuh

“Meskipun nanti basis kertasnya tetap ada, sehingga penggunaan kertas lebih berkurang,” ujarnya.

dr Danny juga menjelaskan, pihaknya berencana akan mengembangkan website khusus untuk RSD Idaman terkait pelayanan, jadwal dokter, pendaftaran, ketersediaan kamar.

“Semoga bisa terealisasi, saat ini sedang kita coba jajaki. Jadi orang hanya cukup membuka handphonenya sudah akan tahu apa saja pelayanan yang ada di RSD Idaman,” jelasnya.

Kemudian, untuk Standar Prosedur Operasional di RS Idaman menurutnya juga sudah berbasis digital untuk memudahkan penggunaannya, dan juga memiliki basis data untuk urusan inventaris yang ada di RSD Idaman, sehingga memudahan untuk melakukan pengawasan terhadap aset yang dimiliki.

BACA JUGA :  2 Nakes RSD Idaman Meninggal Terpapar Covid-19

“Jadi kalau kita mau mengecek alat dimana posisinya, rusak apa tidak, sudah dipelihara atau tidak itu sudah terekam dengan baik di basis data kami,” bebernya.

Adapun untuk pengembangan inovasi digital dalam hal aplikasi, dr Danny mengatakan, pihaknya akan memberdayakan tenaga informasi manajamen yang dimiliki RSD Idaman. Ia juga berharap RSD Idaman dapat bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru untuk mengembangkan inovasi digital.

Baca Juga