Realisasi DAK Fisik Pariwisata Rampung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Realisasi pengerjaan fisik menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah rampung dikerjakan.

Kepala Disporapar Kabupaten HSS, M Arliyan Syahrial melalui Kabid Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Moh Zakir Maulidi mengatakan bahwa anggaran DAK fisik sekitar Rp 2 miliar lebih untuk pembangunan pintu gerbang, lahan parkir, jalan dalam kawasan, pergola sampai gazebo di kawasan objek wisata Air Panas Tanuhi di Desa Hulu Banyu Kecamatan Loksado, sudah rampung sesuai dengan target.

BACA JUGA :  Sisa 700 Meter, Malilingin dan Pariangan Terhubung

“Awal bulan November tadi semunya sudah rampung,” ujarnya.

Berbagai pembangunan fisik penunjang objek wisata yang sudah dibangun dapat dijaga dan dipelihara bersama-sama, supaya dapat betahan lama.

“Mari jaga dan rawat pembangunan yang sudah dilakukan dengan baik,” pesan Om Zakir – panggilan akrab Moh Zakir Maulidi.

Di tahun 2019, Bidang Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Disporapar HSS kembali akan mengajukan DAK ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

BACA JUGA :  Sampai Hari Ketiga Operasi Zebra Intan 2018, Satlantas Polres HSS Jaring 131 Pengendara

Rincianya pengajuan DAK fisik ke Kemenpar sekitar Rp 2,7 miliar lebih untuk penataan kawasan dermaga singgah bamboo rafting di objek wisata Ni’ih, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado.

Serta pengajuan DAK non fisik sekitar Rp 400 juta untuk peningakatan sumber daya manusia (SDM), pengelola wisata, pelatihan pemandu wisata, pelatihan homestay atau penginapan serta pembuatan televisi komersial promosi wisata. (mbur)

Baca Juga