Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Akhirnya, Makam Pahlawan Bumi Mas Karang Intan Akan Dianggarkan Perawatan…

Akhirnya, Makam Pahlawan Bumi Mas Karang Intan Akan Dianggarkan Perawatan dan Perbaikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
KONDISI - Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Mas Karang Intan yang dipenuhi semak belukar dengan tembok yang roboh, pada Kami 22 Juni 2023. (Mada/Headline9.com)
KONDISI - Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Mas Karang Intan yang dipenuhi semak belukar dengan tembok yang roboh, pada Kami 22 Juni 2023. (Mada/Headline9.com)

Headline9.com, MARTAPURA – Akhirnya, Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Mas, Desa Karang Anyar RT. 003, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, akan dianggarkan untuk perawatan dan juga perbaikan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinsos P3AP2KB Banjar, Senin 10 Juli.

Plt Kadinsos P3AP2KB Banjar, Hj Siti Hamidah M.Si mengungkapkan, pihaknya akan menganggarkan untuk perawatan TMP Bumi Mas Karang Intan yang telah terbengkalai sejak 2018 lalu.

“Selain itu, kami juga akan memasukan Makam Taman Pahlawan ini dalam anggaran nanti untuk perbaikannya, karena pagar bangunan di sana roboh,” ucapnya kepada Headline9.com saat ditemui di ruangannya.

BACA JUGA :  Kegiatan Keagamaan di Sekumpul Diliburkan

Untuk diketahui, sebelumnya pada makam taman pahlawan tersebut bersemayam 5 orang pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia dari Divisi IV ALRI, diantaranya; Santung, Tamdiun, Sulaeman, Suparto dan Supanto.

Pada tahun 2021, Sejumlah petugas Dinas Sosial Kabupaten Banjar bersama Karang Taruna Bersatu Sungai Alat, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Organisasi Peduli Makam Al Khairat serta pihak kecamatan Karang Intan bergotong royong membersihkannya.

Peroses pembersihan TMP Bumi Mas tersebut pada 2021 memakan waktu 5 jam, karena semak belukar serta pohon liar yang sudah tumbuh di sana.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Banjar Serahkan Bantuan pada Korban Banjir

Dari pantauan Headline9.com pada 22 Juni lalu, kawasan TMP Bumi Mas Karang Intan cukup memperihatinkan, banyaknya kotoran ayam di dekat makam, serta menjadi pembakaran sampah rumah tangga warga dan juga semak belukar yang tumbuh subur di atas makam serta sekitarnya.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan pahlawannya,” ucapnya.

Selain itu Hamidah mengatakan, pihaknya akan melihat terlebih dahulu Standar Harga untuk biaya perawatan tersebut.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Nasrullah

Baca Juga