Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat…

Bupati HST Buka Musrenbang RKPD 2025, Aulia: Partisipasi Aktif Masyarakat Kunci Pembangunan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di Pendopo HST, Rabu (27/3/2024).

Ini merupakan agenda dalam pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST tahun 2025. Pada kesempatan itu, Aulia mengatakan, bahwa esensi dari sebuah pembangunan adalah mencapai kesejahteraan.

“Melalui Musrenbang ini, kita berharap dapat menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan Pembangunan,” ungkapnya.

Perencanaan pembangunan daerah untuk Kabupaten HST tahun 2025 ini, kata dia, memfokuskan pada upaya pemulihan ekonomi dengan tema ‘Penguatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan tata kelola’. “Maka seluruh program kegiatan maupun rincian kegiatan yang disusun harus dapat menjadi arah bagi seluruh stake holder dalam perencanaan Pembangunan,” tuturnya

BACA JUGA :  Bupati HST dan Para Pejabat Melaksanakan Tadarus Bersama

Bupati menekankan, aspek kesejahteraan masyarakat, peningkatan pelayanan publik, dan peningkatan daya saing daerah harus menjadi atensi atau perhatian dalam melaksanakan pembangunan.

“Untuk mencapai hal tersebut perlu kerja keras, inovasi, sinkronisasi, dan sinergi program kegiatan. Baik secara vertikal antara pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten ataupun secara horizontal antar SKPD,” jelas Bupati HST.

Ia meminta, dalam penyusunan RKPD tahun 2025 ini semua pimpinan dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif, dan inovatif. “Perangkat daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur. Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2025 akan lebih terarah, terukur, dan akuntabel,” pintanya.

BACA JUGA :  Bupati HST Salurkan Bantuan ke Penyandang Disabilitas, ODGJ dan Lansia

Tak lupa, dirinya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada anggota Forkopimda HST, Ulama, dan masyarakat yang telah menjaga kondusifitas lingkungan sehingga pembangunan di daerah berjuluk ‘Bumi Murakata’ ini bisa berjalan dengan baik.

“Semoga sinergitas ini dapat terus kita pertahankan dan tingkatkan, sehingga percepatan Pembangunan di Bumi Murakata dapat kita wujudkan,”pungkasnya

Acara Musrenbang penyusunanan RKPD Kabupaten HST tahun 2025 ini turut dirangkai dengan penyerahan penghargaan inovasi dan penghargaan desa dengan perencanaan pembangunan terbaik. Turut hadir dalam acara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel,Unsur Forkopimda HST, Bappeda Provinsi Kalsel, Sekdakab HST, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah (SKPD), dan kepala instansi vertikal, beserta undangan lainnya.

Reporter : Ahmad Farisal | Editor : Nashrullah

Baca Juga