Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Kecamatan Paringin Jadi Percontohan Penguatan Kampung KB

Kecamatan Paringin Jadi Percontohan Penguatan Kampung KB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan melakukan penguatan kampung Keluarga Berkualitas (KB) serta pemberdayaan masyarakat desa di kampung KB Kecamatan Paringin, di Gedung Serbaguna, Paringin, Selasa (4/6/2024).

Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk, BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Sopyan, mengatakan upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah provinsi atau pemerintah daerah dalam penguatan ini mengacu pada Inpres No.3/2022 tentang Optimalisasi Kampung KB.

BACA JUGA :  JUT Desa Haur Batu memprihatinkan, begini yang disampaikan Kadis Pertanian

Di sana, mengharapkan semua desa mengikuti program kampung KB, dan yang perlu ditingkatkan adalah kualitasnya.

“Bagaimana kita meningkatkan klasifikasinya, klasifikasi kampung KB yang ada di sini, yang sudah terbentuk 157 kampung KB/kelurahan, bagaimana nanti peningkatan pengelolaannya,” katanya.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan, Munisih, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas kampung KB, dari tingkat dasar, berkembang, mandiri dan diharapkan hingga paripurna.

BACA JUGA :  Peringati HUT Ke-41 SMK PPN Paringin Gelar Bazar UMKM Hasil Bumi Dan Aneka Makanan

“Tujuannya untuk peningkatan kampung KB, karena masih banyak kampung KB tingkat dasar, jadi tujuan kami kedepan makin banyak kampung KB yang paripurna,” sampainya.

Pada rangkaian kegiatan ini diserahkan 20 paket sembako kepada keluarga balita batita beresiko stunting.

Adapun peserta penguatan Kampung KB serta pemberdayaan masyarakat desa di Kampung KB terdiri dari keluarga beresiko stunting, kader KB, kepala desa dan penyuluh KB Kecamatan Paringin.

Baca Juga