Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Tercepat Salurkan DAK Fisik 2024 Lingkup KPPN Barabai, Pemkab HST…

Tercepat Salurkan DAK Fisik 2024 Lingkup KPPN Barabai, Pemkab HST Diganjar Dua Penghargaan Sekaligus Oleh Kanwil DJPB Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Berdasarkan Pengelolaan Penyaluran DAK Fisik Tahun 2024 tercepat Lingkup KPPN Barabai, Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Provinsi kalsel, berikan Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST.

Tidak hanya itu, Pemkab HST juga diganjar penghargaan dari Kanwil DJPB Provinsi Kalsel berdasarkan Pengelolaan Penyaluran Dana Desa (DD) Tahap I dan Tahap II Tahun 2024 Tercepat Lingkup KPPN Barabai, Kabupaten HST.

Kedua Penghargaan tersebut di serahkan langsung Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalsel, Syafriadi, kepada Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, dalam acara Monitoring dan evaluasi dana transfer ke daerah (TKD) Kab HST, di Pendopo HST, Rabu (12/6/2024).

Prestasi ini mencerminkan kemampuan Pemkab HST dalam menjalankan proses Pengelolaan Penyaluran DAK Fisik dan Pengelolaan Penyaluran Dana Desa Tahap I dan Tahap II Tahun 2024 sesuai perencanaan.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, turut menyampaikan, bahwa penghargaan ganda tersebut menjadi bukti nyata kalau pihaknya tidak hanya berfokus pada pencapaian tertinggi dalam pengelolaan anggaran, melainkan juga memprioritaskan kinerja optimal dalam pelaksanaan Penyalurannya.

BACA JUGA :  Bupati HST Lepas Kafilah MTQ Nasional ke- 35 Tingkat Kalsel di Tapin

“Prestasi ini tentu menjadi inspirasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola keuangan, sejalan dengan upaya pemerintah dalam menciptakan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel,” ucap orang nomor satu di HST ini.

Yang jelas, ia berharap, dengan kedatangan dari Kantor wiayah Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Pebendaharaan dan Ditjend Pajak mampu menguatkan sinergitas yang baik.

“Untuk itu, pemerintah daerah dan pemerintahan desa yang memanfaatkan transfer yang diberikan ke daerah dan bisa bersinergi dalam penyerapan maupun penggunaan dengan harapan berjalan dengan lancar,” papar Bupati HST, H Aulia Oktafiandi.

“Dengan tercipta sinergi ini kita sagat mengharapkan masyarakat kab HST yang memperoleh manfaatnya,”tambah dia.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Kalselteng, Kusumawardhani menyampaikan, pengelolaan kekayaan negara dan barang milik daerah adalah menjadi satu bagian terpenting dalam tugas serta tugas pihaknya.

BACA JUGA :  Wakil Bupati HST Mewisuda 446 Santri TK-TP Al Qur’an XXXVI

Visi mereka yaitu menjadikan pengelola kekayaan negara yang profesiaonal dan akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian keuangan. Salah bentuk dukungan mereka adalah BPHTB. Yang mana, PAD ini merupakan kekayaan negara. Jumlah tren penerimaan BPHTB yang disumbangkan untuk kas negara di daerah juga mengalami kenaikan, di tahun 2023 mencapai hampir menyentuh 1 miliar.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan pada hari ini, sumbangan kami untuk PAD di daerah bisa meningkat melalui pelaksanaan lelang,”tutupnya.

Pada pertemuan tersebut, turut hadir Kepala Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Kalselteng, Kusumawardhani (Sekaligus Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalsel), dan Kanwil Ditjen Pajak Kalselteng, Ibu Syamsinar, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab HST dan undangan lainnya.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga