Sosialisasi administrai kependudukan di Desa Sapala Paminggir
0 Shares

HEADLINE9.COM, AMUNTAI – Mendekati Akhir Tahun 2018, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali lagi menggulirkan jemput bola dalam program percepatan perekaman data e-KTP sekaligus sosialisasi pembuatan dokumen kependudukan di beberapa DESA se – Kabupaten HSU.

seperti kemarin contohnya,  Tim Disdukcapil HSU bertolak ke Desa Sapala Kecamatan Paminggir. Meski menempuh jarak yang terbilang jauh dengan menggunakan mobil dan selanjutnya menggunakan perahu motor sekitar 1 jam dari dermaga Desa Danau Panggang.

Dengan membawa peralatan sederhana untuk perekaman data E- KTP Seperti laptop, printer, kamera dan lainnya.

kedatangan Tim Disdukcapil yang melakukan kegiatan percepatan perekaman e KTP sekaligus sosialisasi pembuatan dokumen kependudukan didesa Sapala kecamatan Paminggir disambut antusias oleh puluhan warga desa, tua, muda serta sebagian pelajar SMK setempat.

Kepala Desa Sapala Ernani berterima kasih dengan kedatangan Tim rekam data e-KTP Disdukcapil HSU. Semua sudah tahu, desanya begitu jauh datang dari ibu kota kabupaten.

“Kami merasa terbantu, tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kecamatan atau ke Kantor Disdukcapil di Amuntai, “ ungkap Ernani.

Dirinya berharap agar warganya dapat memanfaatkan kedatangan Tim rekam data e-KTP Disdukcapil kali ini dengan sebaik-baiknya, terutama kepada warganya yang sama sekali tidak pernah melakukan perekaman data KTP elektronik.

Selain itu, dirinya juga terkejut melihat antusiasme warganya yang begitu besar mengikuti rekam data dan sosialisasi. Bahkan melebihi target semula, ditambah antusias para pelajar pemula.

Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil HSU Hj. Ida Rimalina mengatakan, Kegiatan ini merupakan Pelaksanaan percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP tahun 2018..

“Ada sekitar 40 desa 219 desa di Kabupaten HSU yang ditargetkan untuk pelayanan perekaman e-KTP. oleh karenanya warga desa Sapala sepatutnya bersyukur sebagai salah satu di antara 40 desa target program ini ” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menekankan kepada seluruh masyarakat agar wajib memiliki KTP, di samping sebagai identitas diri, KTP juga berguna untuk berbagai hal seperti keperluan berobat bagi tua, muda pembuatan buku tabungan, SIM, Paspor, dan lain sebagainya serta sebagai salah satu syarat untuk dapat terdaftar sebagai peserta pemilih dalam Pemilu 2019 mendatang.

Sedangkan bagi warga yang berumur 23 tahun, dan sama sekali tidak memiliki KTP sampai dengan akhir 31 Desember 2018 maka diharapkan secepatnya melakukan pembuatan KTP, yang dikhawatirkan data Kartu Keluarga dimilikinya akan dilakukan pembekuan atau pemblokiran oleh Dukcapil Kemendagri.” Pungkasnya.

Adapun selama tahun 2018 ini melalui program percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP, Disdukcapil HSU berupaya untuk menuntaskan program pemerintah tersebut salah satunya dengan melakukan jemput bola, melakukan pelayanan langsung rekam data e-KTP ke desa-desa, sekolah serta menggelar kegiatan sosialisasi tentang pentingnya KTP sebagai warga negara Indonesia (MAD

0 Shares