Berkas Kasus Dugaan Netralitas ASN Dilimpahkan ke Kejari Banjar

0 Shares

Headline9.com MARTAPURA – Diduga melanggar ketentuan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banjar 2020, Kasus Camat Aluh Aluh, SE diserahkan Tim Penyidik Polres Banjar ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar.

Pelimpahkan kelengkapan berkas perkara dugaan pelanggaran netralitas tersebut diterima Kepala Kejari Kabupaten Banjar, Hartadhi Christianto, melalui Apriady Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Umum.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Banjar AKP Rizky Fernandes, mengatakan pihaknya hari ini (9/11/2020) melimpahkan berkas perkara atau Tahap I kelengkapan ke Kejari Kabupaten Banjar.

Berkas dugaan kasus pelanggaran netralitas tersebut berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 8 hari, atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan yakni, selama 14 hari.

“Alhamdulillah, selama proses penyidikan, Tim Penyidik Polres Banjar tidak ada mendapati kendala, baik dalam tahap pemeriksaan kepada 10 orang saksi, tak terkecuali Paslon sendiri, sehingga sudah kami anggap lengkap,” ujar AKP Rizky Fernandes kepada sejumlah awak media pada.

Karena unsur terpenuhi, lanjut AKP Rizky Fernandes, berkas kasus dugaan pelanggaran netralitas ini dilimpahkan ke Kejari Kabupaten Banjar.

“Tinggal menunggu pemeriksaan dari Kejari Kabupaten Banjar. Apabila bekas yang kami limpahkan dinyatakan lengkap atau tidak lengkap, selama 3 hari proses pemeriksaan di Kejari, untuk hasilnya nanti akan kami informasikan kepada rekan-rekan media,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Gakkumdu sekaligus menjabat sebagai Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Banjar, M Syahrial Fitri, mengungkapkan hal serupa, dan berharap proses pemeriksaan di Kejari Kabupaten Banjar dapat berjalan lancar.

BACA JUGA :  Inilah Salahsatu Rutinitas Saidi Mansyur Tiap Jumat

“Mudah-mudahan dalam prosesnya nanti semua dokumen penting lengkap. Namun, jika didapati kekurangan, akan segera dikembalikan Kejari ke Tim Penyidik Polres Banjar dalam kurun waktu 3 hari untuk melengkapinya,” harapnya.

BACA JUGA :  Diduga Langggar Netralitas ASN, Camat Dilaporkan ke Bawaslu Banjar

Jika semua berkas yang dilimpahkan dinyatakan lengkap, papar Syahrial lebih jauh. Maka, dalam kurun waktu 5 hari, Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan melimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Martapura untuk proses periksaan kelengkapan berkas selama 7 hari,” pungkasnya.(lin)

0 Shares

Terbaru

Musyawarah Ketua RT di kelurahan Satu Ulu

Headline9.com, PALEMBANG - Ketua RT 20 Dedi Iskandar selaku anggota praksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang habis masa baktinya mengadakan musyawarah pemilihan Ketua RT...

Program Pembangunan BLK ZR, Juga Siapkan BLK Pemuda untuk Pelatihan Bahasa Asing

headline9.com, BATULICIN - Kampanye dialogis jelang akhir hingga masuk masa tenang, masih terus dilaksanakan Calon Bupati Tanah Bumbu Nomor urut 3, dr HM Zairullah...

Jelang Pencoblosan, Relawan ZR Kembali Gelar Doa Serentak Untuk Pilkada Damai Diseluruh RT

Headline9.com, BATULICIN-Dalam rangka mewujudkan Pilkada damai, relawan pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli, akan menggelar doa bersama di 1.300...

Dikepung Hujan, Ratusan Masyarakat Kuranji Deklarasi 90 Persen Kemenangan Rusli

Headline9.com, BATULICIN - Meski dikepung hujan selama kampanye dialogis wakil bupati Tanah Bumbu nomor urut 3, Muhammad Rusli di sejumlah titik di kecamatan Kuranji,...

Artikel Terkait

BACA JUGA :  Ibu Rumah Tangga Diharapkan Bisa Berperan Dalam Mencegah Peredaran Narkoba
%d blogger menyukai ini: